Suara burung murai borneo gacor

Download mp3 suara burung murai borneo gacor. Murai borneo atau Murai Batu Borneo adalah salah satu jenis yang dikenal di Indonesia selain Murai Batu Sumatera dan Murai Batu Jawa (Larwo). Ada sangat banyak sekali jenis burung murai batu jika di pelajari lebih jauh. Di Indonesia sendiri,khususnya oleh kalangan penghobi burung,jenis burung murai batu biasanya dibedakan berdasar daerah asal atau habitat aslinya. Murai Batu Borneo adalah sebutan kicau mania terhadap spisies murai batu yang berasal dari Pulau Kalimantan.
Suara burung murai borneo gacor

Jenis burung murai batu yang berasal dari kepulauan borneo secara umum dikenal ada tiga jenis, yaitu Murai Batu Palangka, Murai Batu Banjar & Murai Batu Mahkota (Kepala Putih/white crowned shama). Kesemua jenis burung murai batu asal borneo memiliki Karakteristik tersendiri,yaitu "nggembung". Artinya yaitu,burung ini akan membusungkan dadanya dan mengembangkan bulu dadanya ketika berkicau, kepala yang menengadah ke atas lalu membungkuk ke bawah yang kadang dengan gerakan cepat tetapi juga kadang-kadang bergerak lambat.

Ini menjadi ciri khas tersendiri untuk jenis-jenis burung murai batu yang berasal dari borneo. Untuk jenis dan habitat aslinya,berikut ini adalah ketiga jenis burung murai batu asal kepulauan borneo yang sudah populer di kenal di kalangan pecinta burung di Indonesia.

Murai Batu Palangka ,oleh kicau mania di Kalimantan sering juga disebut Murai Kalteng. Habitatnya tersebar di wilayah Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat. Tubuh berukuran sedang dengan bentuk agak memanjang. Ekornya paling panjang diantara jenis murai asal borneo yang lain,yaitu sekitar 15 sampai 18 cm. Warna bulu dada  Coklat hingga coklat Tua. Kaki berwarna Hitam Pekat, Coklat Kehitaman, Coklat Kemerahan & Putih Kekuningan. Gaya Tarung burung ini sama seperti Typical Murai Batu asal Borneo jenis lainnya, yaitu akan mengembangkan bulu dadanya pada saat tarung. Tetapi tidak seperti Murai Batu Banjar, murai batu jenis ini hanya mengembangkan bulu dada bagian perut sampai batas dada (sedikit di bagian dada). 

Murai Batu Banjar dapat ditemui di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Beberapa ras dari burung ini memiliki perbedaan antara postur tubuh dan beberapa warna pada anggota tubuhnya. Secara umum,burung jenis ini memiliki Panjang Ekor 10 sampai 15 cm. Warna Bulu Dada Coklat hingga Coklat Terang,warna Kaki Hitam Pekat, Coklat kehitaman, Coklat Kemerahan & Putih Kekuningan. Pada saat tarung (berkicau dengan lawan), murai ini akan mengebangkan semua bulu dada nya hingga ke batas leher, sehingga sepintas terlihat bulat.

Murai Batu Mahkota (white crowned shama) tersebar dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan bagian Utara (Malaysia). Tubuh berukuran Kecil, Sedang. Panjang Ekor sekitar 10 sampai 13 cm. Warna Bulu Dada  Coklat hingga Coklat Terang. Warna Kaki Hitam pekat, Coklat kehitaman & Coklat Kemerahan. Gaya Tarungnya sama seperti murai batu banjar, pada saat tarung murai ini juga mengebangkan semua bulu dada warna coklatnya hingga ke batas leher hingga membentuk bulatan.

Secara umum,suara burung murai batu memiliki lagu yang sama,namun vareasi dalam menyanyikannya berbeda. Selain itu juga volume suara masing-masing jenis murai batu juga berbeda,karakternya pun juga berbeda-beda.

Kalau kita perhatikan, gaya tarung dalam berkicau pada murai batu borneo ini sangat unik. Terlihat ngotot dan sangat enerjik sekali. Berikut ini saya ada koleksi mp3 suara burung murai batu borneo yang saya kutip dari youtube. Sudah saya seleksi berdasarkan audio terbaik yang ada di youtube.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania. Berikut ini saya sertakan video white crowned shama/murai batu mahkota,salah satu jenis murai asal kepulauan Borneo miliknya om Seck kiang yun asal Malaysia.

5 Komentar untuk "Suara burung murai borneo gacor"
Back To Top