Suara panggilan burung bull-headed shrike betina rapat

Burung bull-headed shrike (Lanius bucephalus) adalah jenis burung pengicau atau passerine  yang tersebar di beberapa kawasan di timur Asia. Burung ini merupakan jenis burung cendet atau pentet yang dalam bahasa Inggrisnya disebut shrike, tergolong dalam keluarga Laniidae. Karena tidak dijumpai di Indonesia,saya gunakan nama dalam bahasa Inggrisnya saja biar lebih keren.
Suara panggilan burung bull-headed shrike betina rapat
img credited to http://pds.exblog.jp/

Burung ini berukuran panjang sekitar 19-20cm. Burung jantan memiliki mahkota berwarna coklat, alis tipis berwarna putih dan topeng hitam seperti jenis burung cendet pada umumnya. Bagian tubuh belakang coklat keabu-abuan dan sayap gelap dengan beberapa bulu berwarna putih.Sedangkan untuk burung Betina hampir serupa tetapi warnanya lebih kusam dan coklat dengan topeng juga agak cokelat.

Spesies ini memiliki suara yang keras dan nada panggilan-nya berupa suara tempabak seperti burung cililin,tapi lebih lambat, selain itu juga untuk burung yang jantan pintar dalam meniru suara burung lainnya. Burung ini berkembang biak di Cina, Korea, Jepang dan Rusia (Ussuriland, Sakhalin dan Kepulauan Kuril). Burung yang memiliki habitat di bagian Utara bermigrasi ke selatan ketika musim dingin hingga ke wilayah Cina selatan.

Wilayah migrasi burung ini juga terlihat di Taiwan, Hong Kong dan Vietnam. Ras sicarius yang terisolasi ditemukan hanya di pegunungan Provinsi Gansu di China. Menyukai tempat terbuka seperti lahan pertanian dan tepi hutan lebih. Kadang juga  terlihat di taman dan kebun di daerah perkotaan.

Makanan utama burung ini sama dengan jenis burung cendet yaitu serangga seperti kumbang dan jangkrik, tetapi juga memangsa kadal dan katak. Terkadang juga memakan burung berukuran kecil dan yang paling unik dari burung cendet adalah suka menyimpan sisa makananya di ranting pohon atau tempat berduri yang akan dimakan dikemudian hari.

Suara burung ini juga bagus seperti burung cendet yang ada di Indonesia untuk suara sub song atau mimikrinya yang dinyanyikan oleh burung jantan. Tapi maaf untuk suara burung jantannya tidak saya upload karena audionya sangat berisik. Yang membedakan dengan burung cendet yang ada di Indonesia adalah,suara call atau nada panggilan burung betina yang berupa suara tembakan rapat seperti suara burung cililin.

Berikut ini jika ingin mendengarkan audionya.
Refferensi dari wikipedia,audio mp3 dari xeno-canto.org yang sudah saya edit dan tidak sama dengan situs lain. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara panggilan burung bull-headed shrike betina rapat"
Back To Top