Biji rambutan yang memabukkan

Biji rambutan,mungkin saat ini sudah ada yang mengolahnya menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Konon,biji rambutan ini juga bisa dijadikan sebagai obat diabetes.Tahukah Anda jika pengolahan yang tidak tepat pada biji rambutan ini dapat menyebabkan kepala nyut-nyutan seperti mabuk. Sama halnya dengan ubi gadung jika tidak tepat dalam pengolahannya menjadi keripik juga bisa memabukkan.
Biji rambutan yang memabukkan
donyirawan.wordpress.com

Sebelumnya saya minta maaf jika artikel ini agak membahayakan,tujuan saya hanya untuk pembelajaran saja dan mohon jangan ditiru jika untuk tujuan yang tidak baik.

Sebagai anak yang hidup di desa pasti tidak lepas dari yang namanya mbolang dan bermain yang aneh-aneh. Seperti di acara televisi itu yang sukanya main di sawah,kotor-kotoran,tembak-tembakan bahkan sampai makan makanan yang hanya dibakar. Seperti ubi,belalang dan juga ikan.

Itu adalah masa-masa kebahagiaan kecil yang sudah tidak dilakukan anak jaman sekarang. Terkadang kami juga mencoba sesuatu yang baru,dimana anak-anak lain belum pernah mencobanya. Saya pernah sekali tapi terus kapok yaitu Makan biji rambutan yang dibakar.

Kalau ditanya soal rasa,itu mirip dengan kacang tanah,enak dan gurih. Apalagi biji rambutan itu kan ukurannya lebih besar dari pada kacang tanah dan tidak perlu mengupas,tinggal bakar terus bersihkan lalu dimakan. Saat itu kami 3 anak kalau tidak salah ingat saya. Satu dua tiga biji kami lahap saja karena merasakan sesuatu yang baru dan enak,maklum anak desa :D.

Namun selang beberapa waktu kemudian,kepala saya mulai nyut-nyutan,seperti mau melayang,dan begitu juga dengan teman-teman saya. Karena kami tidak mau merasakan yang lebih parah lagi,lalu kami putuskan untuk membuangnya karena takut jika terus mabuk dan muntah-muntah,bisa-bisa rumah sakit nanti ujungnya.

Saya sendiri tidak tahu itu kenapa,apa memang biji rambutan itu mengandung zat yang meracuni. Padahal kalau saya makan rambutan kopyor yang tidak bisa dipisahkan antara biji dengan daging buahnya itu sering saya telan dengan bijinya dan tidak memabukkan seperti biji rambutan yang dibakar itu. Sampai detik ini saya belum mencoba lagi dan sepertinya tidak mau mencoba  lagi dari pada pusing.
Tag : Catatan
5 Komentar untuk "Biji rambutan yang memabukkan"
Back To Top