Burung cucak matahari/cendet matahari

Burung cucak matahari atau dalam bahasa internasional perburungannya adalah spotted crocias (Crocias albonotatus) ini merupakan jenis burung endemik Indonesia dan habitatnya ada di pulau jawa. Burung ini merupakan bagian dari keluarga  Leiothrichidae yang masih berkerabat dengan poksay. Berdasarkan klasifikasi ilmiahnya di masukkan dalam Genus: Crocias.

Burung cucak matahari/cendet matahari
Dalam genus ini hanya terdiri dari 2 spesies burung,yaitu Spotted crocias (Crocias albonotatus) yang terdapat di Indonesia dan Grey-crowned crocias (Crocias langbianis) yang terdapat di vietnam. Tampilan burung ini sekilas mirip dengan burung pentet atau cendet/pentet, sehingga ada beberapa orang yang menyebutnya dengan nama cendet matahari dan ada juga yang menyebutnya sebagai burung cendet kembang.

Berdasarkan data Bird Life Internasional, wilayah persebaran burung ini terbatas di sekitar Jawa Barat. Saat ini populasinya sudah semakin berkurang dan hampir punah. Burung inipun sekarang dimasukkan kedalam daftar jenis burung yang dilindungi berdasarkan undang-undang. Tapi sayangnya tidak semua orang mengerti bahwa burung ini merupakan jenis burung yang dilindungi.

Minimnya informasi dan kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat membuat burung ini masih sering diperdagangkan. Kebanyakan masyarakat kita hanya mengerti jenis burung yang dilindungi itu adalah burung yang eksotis dan berukuran besar. Sedangkan burung-burung kecil dianggap semua boleh dipelihara dan diperjual belikan.

Ingat bahwa spesies burung ini hanya ada di Indonesia dan tidak dapat dijumpai di negara manapun. Sebagai kicau mania sejati seharusnya tahu tentang hal ini. Jangan sampai masa depannya hanya tinggal sejarah yang hanya bisa dilihat gambarnya saja. Tidak perlu dipelihara,silahkan dengarkan suara kicaunya saja dibawah ini :D .
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Burung cucak matahari/cendet matahari"
Back To Top