Burung kekep babi juga bisa jinak

Burung Kekep babi atau dalam bahasa Inggrisnya disebut White-breasted woodswallow (Artamus leucorynchus) adalah spesies burung dari keluarga Artamidae dan dikelompok-kan dalam genus Artamus.Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil, kumbang, lebah dan memiliki habitat di pesisir, sawah, kebun, tegalan, hutan sekunder. tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl.

Burung kekep babi jinak

Ciri-ciri burung Kekep babi yaitu memiliki tubuh berukuran sedang (18 cm). Mirip dengan burung seriti atau Layang-layang. Warna abu-abu dan putih. Paruh abu-abu kebiruan besar. Kepala, dagu, punggung, sayap dan ekor abu-abu gosong. Tunggir dan Tubuh bagian bawah putih bersih.

Perbedaan dengan burung Layang-layang adalah saat terbang sayap segitiga agak melebar, ekor persegi. Iris coklat, paruh abu-abu kebiruan, kaki abu-abu. Burung ini suka bertengger di pohon kering, kabel, tiang dan tempat-tempat yang tinggi. Bisa terbang dengan sangat tinggi sambil bergerak memutar menyerupai burung elang dan sambil berburu, melayang tanpa mengepakkan sayap. Duduk berdekatan, menelisik dan menggoyangkan ekor.

Sarang burung ini dibuat dari ranting, akar, rumput, pada sudut cabang pohon gundul. Tercatat bersarang pada menara besi yang tinggi. Telur berwarna krem, berbintik abu-abu dan coklat, jumlah 2-3 butir. Berbiak bulan April-Agustus.

Wilayah penyebaran burung ini meliputi Filipina, Australia, Indonesia, Sunda Besar. Di Indonesia sendiri dapat dijumpai di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua.

Saat ini sudah mulai banyak penggemar burung ini. Ini bukan termasuk burung kicau,tapi burung untuk diajak bermain atau dibuat jinak dan dipelihara tanpa dimasukkan ke dalam sangkar. Harga burung ini tidak terlalu mahal,kalian bisa membelinya dengan harga standart saat ini yaitu 150 ribu rupiah khusus burung yang masih anakan dan belum terlalih. Silahkan bisa lihat burung kekep babi jinak berikut ini miliknya Kang Rimbun.






Salam sukses buat anda semua.
Tag : Dunia Burung
15 Komentar untuk "Burung kekep babi juga bisa jinak"
Back To Top