Burung munguk papua

Burung munguk papua atau Papuan treecreeper (Cormobates placens) adalah jenis burung berukuran Kecil (14,5 cm.), berwarna coklat. Saat terbang terlihat jelas garis bungalan- pucat di sayap. Burung betina memiliki garis-malar berwarna merah-karat.
Burung munguk papua
lynxeds.com/

Burung jantan dan betina sering melantunkan kicauan berduet. Mirip kicauan Robin badut dan juga Wiwik dada-coklat. Persebaran dan ras Pegunungan Jayawijaya, Pegunungan Star, dan pegunungan di Tenggara, Pulau Papua. Terdiri dari 4 sub-spesies, dengan daerah persebaran:
  • P. L. Sclater, 1874): Daerah kepala burung (Gn Tamrau, Gn Arfak), di sebelah barat laut
  • P. Papua. steini (Mayr, 1936):
  • P. Papua bagian tengah dan barat dari Peg. Weyland di timur melalui daerah Hindenburg sampai daerah Tari Gap. inexpectata (Rand, 1940): Peg. Puncak Jayawijaya, di sisi barat bagian tengah
  • P. Papua. meridionalis (E. J. O. Hartert, 1907): Pegunungan di bagian tenggara P. Papua (di timur dari wilayah Aseki, Gn Kaindi dan Peg. Herzog).
Kebiasaan Hidupnya sering terlihat sendirian atau kadang juga  berpasangan di bagian dalam hutan pegunungan pada rentang ketinggian antara 1250 – 2600 mdpl. Memanjat batang pohon atau cabang besar yang vertikal. Mencari makan bersama jenis-jenis Kipasan, dan sering merampas serangga yang tertangkap. Sering berkicau dan secara agresif mempertahankan daerah teritorialnya.

Suara Rangkaian nada yang diulang-ulang, lambat dan semakin tinggi dengan nada terakhir ditahan lebih panjang, “ du du du du du du du du…” , terdengar sendu dan indah mirip suara seruling. Juga siulan tiga nada “ chu chee chu” yang terdengar agak sengau. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.(reff;kutilang org)
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Burung munguk papua"
Back To Top