Download mp3 suara burung ruak-ruak

Download mp3 suara burung ruak-ruak. Burung ruak-ruak atau burung wak-wak yang dalam penyebutan di daerah saya adalah burung mbombrok ini merupakan jenis burung yang berkaki panjang dan menyukai tempat-tempat semak belukar dan berair. Dalam bahasa Inggrisnya,Burung Ruak-Ruak ini disebut dengan white-breasted waterhen (Amaurornis phoenicurus). Secara umum,burung Ruak-ruak ini merupakan sejenis burung air dalam keluarga rail and crake atau Rallidae.
Download mp3 suara burung ruak-ruak

Burung Ruak-ruak yang ada di Indonesia dan kawasan Asia tenggara khusus burung usia dewasa  biasanya mempunyai warna kelabu gelap pada bagian belakang dan sisi, selain itu pada bagian kepala, leher dan dada berwarna putih. Bagian perut dan bawah ekor bewarna pirang cerah (cinnamon coloured).

Burung ini mempunyai jari yang panjang, ekor pendek, kaki dan paruh kuning. Antara burung jantan dan betina cukup sulit dibedakan,karena keduanya memiliki bentuk dan warna bulu yang sama, tetapi burung remaja lebih pudar berbanding burung dewasa. Anak burung wak-wak yang masih kecil bewarna hitam seperti kesemua jenis (Rallidae).

Habitat perkembangbiakan burung ini berada di dikawasan sepanjang Asia selatan, dari India dan Sri Lanka ke selatan China dan Indonesia. Bersarang ditempat kering di kawasan rawa-rawa, bertelur antara 6-7 biji telur.

Suara burung ini sangat riuh dan keras,biasanya berbunyi ketika menjelang matahari terbenam dan menjelang matahari terbit. Terdengar suara wak wak wak diselingi dengan uwak uwak uwaak yang bersahut-sahutan antara burung satu dengan yang lain.

Di daerah yang masih banyak populasi burung ini,biasanya masih ada orang yang memburunya. Cara berburu burung ini biasanya menggunakan burung pemikat,menggunakan jaring sambil membawa alat seperti seruling tapi pendek yang dibuat sedemikian rupa hingga menghasilkan suara seperti burung wak-wak ini jika di tiup. Di dalam bahasa orang sekitar disebut mendekut.

Namun pada saat ini kegiatan berburu burung wak-wak ini sudah berkurang,terlebih lagi bagi yang menggunakan peralatan sederhana. Sekarang jika ada yang masih berburu burung ini pun yang saya lihat sudah ada yang menggunakan kaset. Mungkin lebih praktis dan hemat tenaga,tapi suara yang dihasilkannya pasti tidak akan sama. Silahkan bagi yang membutuhkan mp3 suara burung wak-wak ini atau sekedar hanya ingin mendengarkan suaranya bisa dilihat melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
8 Komentar untuk "Download mp3 suara burung ruak-ruak"
Back To Top