Suara burung Brown-throated wattle-eye

Burung Brown-throated wattle-eye (Platysteira cyanea) yang juga dikenal dengan Common wattle-eye maupun scarlet-spectacled wattle-eye ini merupakan jenis burung pengicau dari keluarga Platysteiridae atau wattle-eyes. Karena spesies ini tidak dijumpai di Indonesia maka nama burungnya tetap menggunakan penyebutan tingkat global.
Suara burung Brown-throated wattle-eye
http://www.birdforum.net/

Burung ini dan satu kelompoknya dalam Wattle-eyes sebelumnya  dimasukkan menjadi bagian dari keluarga Old World flycatcher atau Muscicapidae. Tapi sekarang berdasarkan para peneliti,kelompok ini telah dijadikan menjadi satu kelompok tersendiri dari jenis burung pengicau.

Habitat asli burung ini ada di bagian tengah dan utara Afrika. Memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 14 cm. Burung jantan memiliki warna bulu hitam mengkilap di bagian atas tubuhnya. Warna bulu sayapnya mirip dengan kacer,yaitu hitam dengan dipadukan warna putih. Bagian tenggorokon coklat tua,ada yang berwarna putih di bagian tenggorokan,lalu di batasi lagi dengan warna coklat kehitaman tergantung sub spesies.

Terdapat warna merah di bagian atas kelopak matanya dan berparuh hitam. Untuk burung betina memiliki warna yang lebih kusam. Warna hitam yang ada di burung jantan,jika di burung betina berwarna keabu-abuan. Warna coklat di bagian tenggorokan juga lebih jelas.Makanan utamanya adalah serangga. Habitat aslinya berada di kawasan benua Afrika.

Suara kicau burung ini cukup bagus,silahkan dengarkan dan download audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania
4 Komentar untuk "Suara burung Brown-throated wattle-eye"
Back To Top