Suara Burung Cucak Hijau Kepala Emas

Suara burung cucak ijo/Cucak hijau kepala emas. Burung cucak hijau/ijo kepala emas ini merupakan jenis burung cucak hijau yang tidak ada di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya disebut golden-fronted leafbird (Chloropsis aurifrons). Burung ini hanya dapat dijumpai di kawasan India, Sri Lanka, dan sebagian Asia Tenggara seperti Thailand,Vietnam, Myanmar, Laos dan Kamboja.

Suara burung cucak ijo kepala emas

Di Indonesia juga ada yang mirip dengan spesies ini,yaitu sumatran leafbird atau cucak ijo sumatra yang sering disebut cucak ijo medan (C. Media) atau cucak ijo kepala kuning. Bahkan karena ada kesamaannya banyak yang menganggap bahwa spesies ini merupakan bagian dari subspesies Sumatran Leafbird, tapi berdasarkan penelitian lebih lanjut,kedua spesies burung tersebut berbeda secara morfologi.

Habitat asli burung ini ada di hutan dan semak belukar. Makanannya sama dengan cucak ijo yang lainnya,yaitu serangga dan buah. Pada burung yang berusia dewasa berwarna hijau  dengan wajah hitam dan tenggorokan disertai garis tipis warna biru. Dahi berwarna oranye atau kuning ke emasan.
Berdasarkan wilayah penyebarannya,burung ini di bedakan menjadi 6 Subspecies,diantaranya adalah sebagai berikut:
  • C. a. aurifrons (Temminck, 1829) – Indian Subcontinent dan Myanmar. 
  • C. a. frontalis (Pelzeln, 1856) terdapat di India.
  • C. a. insularis Whistler & Kinnear, 1932 – India dan Sri Lanka. 
  • C. a. pridii Deignan, 1946 – China,Myanmar, Thailand dan Laos. 
  • C. a. inornata Kloss, 1918 – Thailand, Laos dan Vietnam. 
  • C. a. incompta Deignan, 1948 – Thailand, kamboja dan Vietnam.
Suara kicau burung ini juga cukup bagus,sama dengan jenis burung cucak hijau yang lainnya. Gaya tarung saat berkicaunya juga unik,silahkan lihat videonya di youtube. Berikut ini saya mempunyai beberapa audio suara burung cucak hijau kepala emas yang saya adopt dari youtube. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
23 Komentar untuk "Suara Burung Cucak Hijau Kepala Emas"
Back To Top