Suara burung robin kalahari

Burung robin kalahari atau lebih dikenal dengan nana Kalahari scrub robin (Erythropygia paena) ini merupakan jenis burung pengicau penghuni dataran Afrika yang merupakan bagian dari kelompok Muscicapidae dan masuk dalam Genus: Cercotrichas.Burung ini merupakan burung endemik di wilayah Afrika yang meliputi Angola, Botswana, Namibia, northern South Africa , dan Zimbabwe.
Suara burung robin kalahari

Burung robin kalahari atau Kalahari Scrub-Robin ini dikenal di kawasan Afrika sebagai Kalahari wipstert. Burung ini merupakan jenis burung Endemik Afrika Selatan, yang berarti tidak dapat ditemukan di daerah ini. Memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 16 cm.

Kepala berwarna abu-abu kecoklatan dan paruh berwarna hitam. Memiliki alis warna putih dengan bagian tenggorokan dan tubuh bagian bawah berwarna putih disertai warna abu-abu tipis, kaki hitam. Mata berwarna coklat,tubuh bagian atas abu-abu kebawah meneruskan berwarna coklat dengan ekor warna hitam yang terkadang terdapat warna putih di bagian ujung ekornya,burung ini sangat mirip dengan burung Rufous tailed scrub robin yang pernah saya posting lebih dulu,hanya suara kicau nya berbeda dan beberapa bagian warna bulu tubuhnya agak berbeda,namun cukup sulit bagi saya untuk mengidentifikasi lebih detail.

Sering terlihat di permukaan tanah ketika mencari makan. Makanan burung ini berupa serangga, seperti kupu- kupu, lebah, tawon, belalang dan semut.Kalahari Scrub Robin termasuk tipe burung monogami atau burung setia yaitu jenis burung yang hanya berpasangan dengan satu pasangan selama sisa hidupnya.

Burung ini dapat dijumpai di kawasan padang rumput. Selain itu juga menghuni wilayah perkotaan, di taman dan juga kebun. Suara burung yang satu ini juga cukup bagus untuk suara aslinya. Silahkan bisa langsung download audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
13 Komentar untuk "Suara burung robin kalahari"
Back To Top