Suara burung towa-towa/twa-twa

Suara burung towa-towa atau twa-twa ini merupakan sebutan lokal di negara Suriname. Burung ini menjadi salah satu jenis burung kicau favorit disana,entah karena memang sudah darah turunan orang Indonesia yang hobi memelihara burung dan ada ajang perlombaan kicau seperti di Indonesia.
Suara burung towa-towa/twa-twa song

Nama burung ini dalam bahasa internasionalnya disebut large-billed seed finch (Oryzoborus crassirostris) yang merupakan spesies burung dari keluarga Thraupidae dan dalam genus Oryzoborus yang masih satu kerabat dengan curio atau Chestnut-bellied seed finch (Oryzoborus angolensis) yang pernah saya bahas beberapa waktu lalu.

Dalam artikel yang sebelumnya saya publikasikan,awalnya saya menganggap bahwa curio,piculet dan twa-twa ini adalah satu jenis,tapi berdasarkan pembelajaran lebih lanjut dengan bertanya kepada orang indonesia yang sering pulang pergi ke belanda dan dari komentar orang asli belanda sendiri yang juga pengamat burung,ternyata ketiganya adalah berbeda,baik itu warna maupun suara kicaunya.

Burung twa-twa atau towa-towa ini memiliki warna bulu keseluruhan hitam dengan titik putih kecil di bagian samping sayapnya untuk burung jantan. Sedangkan untuk burung betina berwarna coklat tua. Burung ini memiliki paruh yang tebal dan pendek dan mampu bersuara cukup merdu.

Wilayah penyebaran asli burung ini meliputi Brazil, Colombia, Ecuador, French Guiana, Guyana, Peru, Suriname, Trinidad dan Tobago, dan juga Venezuela.

Suara kicau burung ini hampir sama dwngan suara burung jenis Finch dari Amerika. Silahkan bisa dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara burung towa-towa/twa-twa"
Back To Top