Suara Burung Whinchat

Burung whinchat (Saxicola rubetra) merupakan jenis burung pengicau berukuran kecil dari keluarga Muscicapidae. Spesies ini diklasifikasikan dalam Genus: Saxicola atau yang masih satu kerabat dengan Burung Decu yang ada di Indonesia. Burung ini memiliki habitat dan berkembang biak di Eropa dan Asia barat,namun jika terjadi musim dingin,burung ini akan bermigrasi ke kawasan Afrika.
Suara burung Whinchat
http://www.vogelwarte.ch/

Nama ilmiahnya burung ini diartikan sebagai "small rock- dweller" (burung kecil penghuni bebatuan) yang mengacu pada habitatnya. Saxicola berasal dari bahasa latin saxum ("rock") yang berarti batu+ incola ("dwelling") yang berarti tinggal atau menghuni,sedangkan rubetra adalah istikah bahasa Latin untuk menyebut burung berukuran kecil.

Burung Whinchat ini memiliki ukurannya yang relatif sama dengan robin Eropa (Erithacus rubecula). Panjang tubuhnya sekitar 12-14 cm dan 13-26 g berat badan. Kedua jenis kelamin burung ini memiliki bulu di bagian atas kepala kecoklatan berbintik-bintik gelap, tenggorokan dan dada, paruh pucat,perut keputihan, dan ekor kehitaman dengan warna bulu putih di bagian ekor luar.

Burung jantan memiliki warna bulu yang lebih bagus ketimbang burung betina. Di bagian atas tubuhnya berwarna hitam dengan kolaborasi warna coklat dan sedikit terdapat warna putih di bagian sayap. Di bagian dada dan bawah tubuhnya coklat semu orange. Sedangkan untuk burung betina cenderung berwarna lebih kusam.

Kedua burung jantan dan betina sama-sama memiliki garis putih di bagian atas matanya. Garis putih tersebut lebih tebal untuk burung jantan,sedangkan untuk burung betina lebih tipis. Ketika musim kawin atau masa perkembang biakan, warna bulu burung jantan akan terlihat lebih terang dibanding musim yang bukan musim kawin. Jika pada hari-hari biasa,warna bulu burung jantan hampir menyerupai burung betina,tapi masih bisa dibedakan karena terdapat warna bulu putih dibagian sayap untuk burung jantan,sedangkan burung betina tidak ada.

Makanan burung ini berupa serangga kecil. Suara kicaunya juga lumayan bagus,silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Whinchat"
Back To Top