Download suara burung mozambik

Burung mozambik atau mozambique canary yang lebih umum dikenal yellow-fronted canary (Crithagra mozambicus) ini adalah jenis burung pengicau (passerine bird) berukuran kecil dari keluarga pipit/emprit (finch). Di beberapa negara dikel sebagai green singing finch. Di Indonesia sendiri keberadaan burung ini sudah ada sejak tahun lalu,pecinta dan kolektor burung finch (finch lovers) pasti sudah tahu.

Burung ini masih satu kerabat dengan burung Blackthoated dan juga burung kenari yang sudah sangat populer di Indonesia. Sebenarnya burung ini sudah lumayan lama masuk ke Indonesia,tapi setelah boomingnya burung kenari,burung ini jadi lebih dikenal.
Download suara burung mozambik
www.flickr.com
Habitat asli burung ini berada di kawasan Benua Afrika. Mereka biasa hidup di hutan yang tandus,kering, gersang dan suka di tempat yang ada mata air,sehingga daya tahan tubuh dari burung ini sangatlah kuat,dan tahan terhadap cuaca yang panas. Sama seperti burung jenis finch pada umumnya,burung ini sering terlihat berkoloni dan berpasangan.

Ciri-ciri burung Mozambik pada burung jantan memiliki bulu berwarna lebih lebih tegas dari pada bulu betina. Kicauan burung jantan ngerol panjang. mempunyai garis hitam seperti kumis. Sedangkan pada burung Mozambik betina,bulunya agak kusam. Sama-sama bisa berkicau,tapi jarang sekali yang bisa ngerol. Burung betina mempunyai bintik-bintik warna hitam di leher yang membentuk pola seperti kalung.

Tampilan burung ini sangat mirip dengan 3 jenis burung finch kerabatnya,yaitu Yellow canary ( Crithagra flaviventris), Brimstone canary (Crithagra sulphurata) dan White-bellied canary (Crithagra dorsostriata). Meskipun mirip,tapi burung mozambik lah yang memiliki warna bulu lebih tegas. Namun cukup sulit jika tidak ada pembanding saat mau membelinya. Perbedaan dasar adalah seperti gambar berikut.
Yellow canary ( Crithagra flaviventris), Brimstone canary (Crithagra sulphurata) dan White-bellied canary

Silahkan download suara kicau burung mozambik dibawah ini.
  1. Suara burung mozambik suara pendek
  2. Suara burung mozambik gacor
  3. Suara burung mozambik silangan kenari
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
8 Komentar untuk "Download suara burung mozambik"
Back To Top