Hwamei,Si Burung Fighter Bersuara Dahsyat

Burung hwamei atau di Indonesia sering disebut wambi karena pengucapannya yang lebih mudah dibanding hwa mei. Dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Chinese hwamei ataupun melodious laughingthrush (Garrulax canorus). Ada 2 jenis burung hwamei,yaitu Chinese hwamei dan Taiwan hwamei. Keduanya memiliki kemampuan berkicau yang sangat bagus dan keras layaknya jenis burung dari anggota Garrulax pada umumnya.

Perbedaan antara chinese hwamei dengan taiwan hwamei sangat jelas,yaitu dapat dilihat dari warna bulunya. Burung chinese hwamei atau hwamei yang sudah ada di Indonesia sejak beberapa tahun lalu ini berwarna coklat kemerahan,sedangkan taiwan hwamei berwarna coklat kelabu. Selebihnya tentang burung hwamei taiwan bisa kalian baca dan dengarkan audionya di Burung Hwamei Taiwan.

Hwamei,si burung fighter bersuara dahsyat
Saya pribadi sangat mengidamkan burung kicau yang satu ini,saking ngidamnya sudah 3 kali saya bahas tentang burung ini. Tapi sampai sekarang belum mendapatkan yang cocok,kadang ketika sedang ada budget dan cari sana-sini gak dapat,giliran sedang gak ada budget,ada orang yang menawarkan. Harga burung ini sekarang memang sudah mulai melambung lagi setelah bertahun-tahun menghilang dari peradaban kicau mania di Indonesia.

Saat ini sudah mulai banyak lagi yang menggandrungi burung ini,ada yang sekedar bernostalgia,ada yang untuk diternak dan ada juga yang hanya ingin sekedar menikmati suara kicaunya. Burung hwamei terbagi menjadi 2 sub spesies,yaitu G. c. canorus yang ada di berbagai kawasan di Asia Tenggara, dan G. c. owstoni yang hanya berada di pulau Hainan di China.

Burung hwamei yang ada di Indonesia dulunya di datangkan langsung dari China,tapi sekarang ada yang di import dari Vietnam. Burung ini terkenal sangat fighter,ketika mendengar suara burung sejenis,maka burung ini akan langsung membalas suara kicaunya. Berkicau kadang tidak kenal waktu,pagi,siang bahkan tengah malam pun kalau memang punya mood untuk bersuara pasti akan koar-koar cukup lantang.

Mantap sekali memang suara kicaunya,tidak rugi memelihara burung yang satu ini. Silahkan dengarkan audio mp3 yang sudah saya kumpulkan dari hasil konversi di youtube dengan kualitas terbaik dibawah
Di Indonesia saat ini sudah mulai banyak yang menangkarkan burung ini dan sudah ada beberapa penangkar yang sudah sukses. Bagi pecinta burung hwamei,silahkan masuk ke grup yang ada di facebook namanya Hwamei Mania Indonesia (HMI) untuk sharing maupun jual-beli burung hwamei se Indonesia.
16 Komentar untuk "Hwamei,Si Burung Fighter Bersuara Dahsyat"

Nama burung nya sangat extrem ya Mas Rip saya belum pernah lihat jenis burung kaya gitu

Nama burung nya sangat extrem ya Mas Rip saya belum pernah lihat jenis burung kaya gitu

Lho koq sekali komen jadi dua maaf Mas gak di sengaja

Lho koq sekali komen jadi dua maaf Mas gak di sengaja

ternyata burung juga ada yang diimpor juga saya pikir hanya dari indonesia saja wah harganya pasti mahal ya mas

Burungnya sekilah kayak nama modem saya mas, Huawei, hehehehe

harga standart 2-4 jt an/ekor :D

hem ini sekaligus multi lo burung penangkap sinyal,wakakaka

mahal amat mas rip, uang 4 juta dah dapat lepi baru tuh, bisa digunakan untuk ngeblog juga, dan bisa untuk mendengarkan macam-macam suara burung malahan,wakakaka

kagak mahal lah,yang punya uang :D

langsung saya nikmati kicauan burung hwameinya

kang saud punya burung yang ganas nggak?

Mungkin kalau sudah banyak orang yang ternak/budidaya burung ini, harganya bisa lebih murah lagi ya, seperti halnya burung kenari, yang dulu mahal banget, tapi sekarang murah-murah

wow, manteep bgt gan suaranya ... agan punya nih burung??

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top