Jenis burung yang bisa dilatih berkata

Melatih burung agar bisa berbicara adalah sebuah pekerjaan yang agak rumit. Istilah bicara pada burung rasanya kurang pas,lebih tepatnya adalah Berkata. Karena burung tidak bisa diajak berbicara,hanya penghafalan kata-kata pendek. Jadi jika kalian pernah melihat pertunjukan burung yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari tuannya itu karena sudah terbiasa dan ada kode-kode rahasianya yang telah dihafal oleh burung tersebut.

Ada banyak sekali jenis burung yang dapat dilatih untuk berkata bahasa manusia. Beberapa kata yang sering kita dengar dari burung-burung yang sudah pandai berkata adalah Assalamualaikum,hallo, cewek, bapak, yakob dll. Itu sedikit contoh yang sudah umum sering kita dengar diucapkan oleh burung. Untuk kata-kata yang lainnya tergantung si pemilik dalam mengajarinya.

Ciri-ciri burung yang dapat dilatih berkata biasanya memiliki suara asli berupa teriakan-teriakan yang keras di alam bebas. Nada melengking yang kadang menonjolkan huruf vokal A,I,U,E,O yang di keluarkan dengan vareasi masing-masing.

Berikut ini daftar burung yang bisa dilatih berkata. Kami kelompokkan berdasarkan keluarga besarnya dalam klasifikasi ilmiahnya.

Sturnidae
Suara masteran untuk burung Beo
Ini adalah nama ilmiah keluarga besar burung jalak-jalakan. Jenis burung ini memang banyak dijumpai di Indonesia. Yang paling terkenal dan fasih dalam menirukan perkataan manusia adalah Burung Beo. Namun burung jalak yang lainnya juga bisa,seperti jalak kerbau, putih, bali dan juga jalak nias bisa dilatih untuk berkata.

Psittacidae
Audio untuk melatih suara burung paruh bengkok
Selanjutnya ada kelompok burung paruh bengkok atau parrot yang diklasifikasikan dalam Psittacidae. Kemampuan burung paruh bengkok selain dia bisa nurut di ajak bermain dengan manusia,burung ini juga memiliki kemampuan dalam menirukan suara manusia. Seperti kakatua,nuri, Affrican grey parrot,indian ring dan lain sebagainya.

Menuridae
Superb lyrebird si burung peniru handal bersuara merdu
Nah,spesies dalam keluarga burung menuridae ini hanya bisa dijumpai di Benua Australia. Hanya ada 3 spesies dalam kelompok ini,yang paling pandai berbunyi adalah Superb lyrebird. Bisa di cek suara aslinya di Superb lyrebird keren. Burung ini berukuran sangat besar,kemampuan dalam menirukan suara alam disekitarnya juga sangat lihai. Selain itu juga fasih dalam menirukan suara manusia (khusus yang sudah dilatih) karena burung ini tidak boleh dipelihara.

Sebagai tambahan,ada 2 spesies burung dari keluarga yang berbeda.
Burung tui (Prosthemadera novaeseelandiae)
Ini adalah jenis burung pengicau yang hanya ada di benua Australia. Burung ini merupakan spesies dari keluarga Meliphagidae,masih satu kerabat dengan burung cucak kombo/kecial kombo. Anda bisa lihat aksinya di youtube.

Curl-crested jay
Selanjutnya dari spesies burung gagak-gagakan yaitu Curl crested jay. Burung yang masih satu keluarga dengan burung tangkar uli,tangkar centrong,ekek geling ini juga bisa menirukan perkataan yang diajarkan oleh tuannya. Ukuran tubuhnya lumayan besar,sekitar 35 cm. Aksinya bisa dilihat di youtube juga hehee.

Barangkali ada tambahan,silahkan tinggalkan ulasan kalian melalui kolom komentar. Sebagai ajang pengetahuan dan pembelajaran bersama.
Tag : Dunia Burung
5 Komentar untuk "Jenis burung yang bisa dilatih berkata"
Back To Top