Kapan nikah?

Kapan nikah? Pertanyaan tersebut sering kali muncul dalam acara kumpul keluarga, reuni, ataupun pertemuan lainnya. Untuk perempuan (maupun laki-laki) berusia di atas 20 tahun, mendapat pertanyaan seperti itu ibarat makanan sehari- hari. Memang, sering ada orang kepo ketika melihat orang lain masih single, apalagi jika umurnya sudah pantas untuk menikah.

Namun, baikkah pertanyaan itu diucapkan untuk menyapa teman yang lama tak bertemu?.Kabar pernikahan memang sebaiknya disebarluaskan agar tidak menimbulkan fitnah. Namun, seperti judul cerpen Chinua Achebe, "Pernikahan adalah Urusan Pribadi", pernikahan merupakan sesuatu yang privasi.
Kapan nikah?
credit img :http://bramardianto.com/

Kita harus sangat hati-hati menanyakan pada orang lain kapan dia akan menikah atau kenapa dia belum menikah. Tiga orang siswa yang sama-sama terlambat sekolah belum tentu memiliki alasan yang sama di balik keterlambatannya. Si A mungkin karena bangun kesiangan. B naik motor, tapi ban motornya meletus. Lain lagi dengan C yang terlalu lama menunggu angkot. Nah, mereka memiliki penyebab yang berbeda, kan? Begitu halnya dengan menikah.

Kita tidak bisa menyamaratakan orang belum menikah karena tidak laku. Bisa saja orang itu ingin mengejar karier dulu. Atau, dia anak broken home yang trauma akan pernikahan. Bisa juga dia belum siap mental, masih ingin menikmati masa having fun dengan teman-temannya, yang tidak akan bebas dilakukan ketika sudah menikah.

Daripada mengajukan pertanyaan "Kapan nikah?", "Kamu kok belum nikah, sih?", "Kenapa kamu belum nikah?" dan sejenisnya, lebih baik kita menanyakan hal-hal yang lebih bermanfaat, menyenangkan, dan tidak bikin enek. Pertanyaan "Kapan nikah?" untuk orang-orang berumur di atas 20 tahun dan "IP kamu berapa?" untuk anak-anak kuliahan, itu sama- sama bikin nyesek, tauk!

Penulis:(Ratna Kurniawati)
18 Komentar untuk "Kapan nikah?"

Hahaha .. itu juga sering saya alami wkt masih single dulu.. Menurut saya orang bule itu lebih sopan dalam berkenalan atau berbicara masalah pribadi. Mereka tdk pernah menyinggung apa pekerjaanmu, agamamu, sdh nikah/ belum karena mereka menganggap itu tdk sopan. Sangat berbeda dgn kita yg katanya orang timur ya (tanya kenapa?)

Kalau ada yang nanya 'kapan nikah?' tinggal jawab aja 'nanti kalau udah nggak ujan.' simple kan :D

neng ratnana gelisah kali kang. udah mau nikah. yang laki lakinya ga kujung ngelaar. hehehe

nah ini dia jawabawannya. kalo pas udah g ujan jawab lagi nanti kalo udah musen duren. hahahaha

masak mau nikah musim panas :D

wakkaka ditanya kapan nikah
saya lulus kuliah saja belum :D

pertanyaan macam itu memang bikin jengkel juga ya mas rip, saya juga dulu suka ditanya gitu. tapi masih mending sih daripada ada yang nanya, kok ga malam mingguan.keliatan banget kan jomblonya.heuheu

nikah gak perlu nunggu lulus kuliah wkwkwk

Ketahuan nich si mimin sering ditanyaain kapan nikah :D. oh ya salam kenal ya :D

Kapan Nikah ? dua kalimat yang membuat saya hanya bisa menjawab "Nanti kalau udah waktunya"...

nah..nah... malah kabur dari masalah nih, gue mah udah ga ada yang nanya kaya gitu sekarang mah :D

kalau saya sih jawabnya kapan-kapan kalau udah siap lahir batin...tapi kata orang tua, siapnya kapan tuh? malah jadi bingung sendiri saya jawabnya mas....tapi itu dulu...sekarang saya udah bisa tersenyum sendiri kalau mengingat jawaban konyol saya mas

dua kalimat yang kadang membuat kita terpojok ya mbak?

kadang pertanyaan itu malah membuat kita gak bisa ngomong lalu berlalu pergi

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top