Suara burung pelatuk hairy dan downy untuk masteran

Burung pelatuk hairy (hairy woodpecker) dan pelatuk dawny (downy woodpecker) adalah jenis burung pelatuk yang memiliki kemiripan warna dan corak bulunya. Kedua burung pelatuk ini merupakan spesies burung pelatuk di kawasan benua Amerika menurut banyak referensi yang saya baca. Masih cukup sulit bagi saya untuk mengidentifikasi jenis-jenis burung pelatuk,karena memang jumlahnya ada lebih dari 200 jenis dan banyak spesies yang memiliki kemiripan.

Sebenarnya saya baru mengidentifikasi burung pelatuk sampit yang ada di Indonesia. Mencari referensi kesana kemari hanya membingungkan. Dalam beberapa video yang di unggah di youtube,ada yang memberikan keterangan burung pelatuk sampit sama dengan pelatuk hairy. Namun setelah saya cari tahu tentang pelatuk hairy dan wilayah penyebarannya melalui beberapa referensi situs dunia burung luar negeri,ternyata pelatuk hairy hanya ada di Amerika saja.

Para peneliti dan pengklasifikasian burung belum secara keseluruhan,kesimpang siuran informasi juga masih terjadi sampai saat ini. Bisa kita perhatikan dalam pengelompokan atau klasifikasi secara ilmiahnya tiap tahun kadang berubah-ubah. Untuk identifikasi burung pelatuk sampit ini sama atau tidaknya dengan hairy woodpecker,saya akan coba cari referensi yang lebih banyak dulu.

Sekarang fokus dulu ke 2 spesies burung pelatuk yang memiliki kemiripan antara hairy woodpecker dengan Downy woodpecker.Burung pelatuk Downy dengan bulu kotak-kotak hitam-putih dan ditemukan di seluruh Amerika serikat dan beberapa bagian dari Kanada. Burung pelatuk ini menikmati makanan lemak dan menyukai tantangan dari tempat makanan yang terbalik.

Burung pelatuk Hairy tampilannya mirip dengan burung pelatuk Downy, walaupun ia memiliki paruh yang lebih panjang dan cukup pemalu dibandingkan dengan penampilannya seperti apa. Burung pelatuk ini juga ditemukan di Amerika Serikat dan bagian dari Kanada, dan telah ditemukan di wilayah sejauh selatan Meksiko. Burung ini biasanya tidak makan dari tempat makanan.

Perbedaan kedua bisa dilihat dari gambar di bawah ini. Ukuran tubuhnya berbeda,pelatuk hairy lebih besar.
Suara burung pelatuk hairy dan downy untuk masteran
Burung betina

Warna bulu merah di bagian belakang kepalanya juga berbeda,tapi tipis.Untuk burung pelatuk hairy terdapat garis hitam yang membagi kanan-kiri dari warna merah tersebut,sedangkan untuk burung pelatuk downy tidak ada garis hitamnya. Namun ada juga sub species hairy woodpecker yang warna merah di belakang kepalanya nyaris sama dengan downy woodpecker,
Suara burung pelatuk hairy dan downy untuk masteran
Burung jantan

Untuk suara kicaunya hampir sama,silahkan download audionya dibawah ini,barangkali bisa kalian manfaatkan untuk memaster suara burung peliharaan Anda.
Suara burung pelatuk Hairy
  1. Download suara burung pelatuk hairy v1
  2. Download suara burung pelatuk hairy v2
  3. Download suara burung pelatuk hairy "drumming"
  4. Download suara burung pelatuk hairy (sudah saya modifikasi)
Suara burung pelatuk Downy
  1. Download suara pelatuk downy (asli hutan)
  2. Download kicauan pelatuk downy (sudah saya modifikasi)
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Suara burung pelatuk hairy dan downy untuk masteran"
Back To Top