Suara burung rosefinch

Burung rosefinch atau lebih dikenal dengan common rosefinch (Carpodacus erythrinus) ini merupakan jenis burung pipit/emprit yang diklasifikasikan secara ilmiah dalam keluarga Fringillidae, Subfamily: Carduelinae dan spesies dari Genus: Carpodacus. Burung ini termasuk jenis pipit yang bisa berkicau seperti halnya jenis burung pipit import yang saat ini sudah merajai pasar burung di Indonesia. Sebut saja burung kenari,Blackthroat, sanger,mozambiq dan lain sebagainya.

Ukuran burung ini juga relatif sama dengan burung jenis finch berukuran sedang,yaitu kisaran antara 13–15 cm. Secara umum,antara burung jantan dan betinanya sangat mudah dikenal,karena burung ini termasuk spesies burung dimorfik seksual yang artinya antara burung jantan dan betina dapat dibedakan dari bentuk maupun warna masing-masing.
Suara burung rosefinch

Burung jantan berwarna merah bunga mawar,atau merah keunguan di bagian kepala hingga hingga ke bagian dada dan punggung yang kemudian diteruskan dengan warna coklat yang diselingi dengan semburat bulu berwarna keunguan. Warna bulu burung ini sangat mirip dengan Purple finch,hanya saja bulu yang berwarna merah keunguannya lebih sedikit. Sedangkan untuk burung betinanya hanya memiliki warna bulu coklat berbintik.

Terdapat 5 sub spesies burung ini yang tersebar di berbagai negara,diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. C. e. erythrinus (Pallas, 1770) – Spesies ini berkembang biak di wilayah Eropa sebagian besar,namun juga dijumpai di beberapa negara di Asia,seperti India, Nepal, Bhutan, Myanmar dan juga Thailand.
  2. C. e. grebnitskii Stejneger, 1885 – Spesies ini berkembang biak di Siberia dan Russia, Mongolia,  China, Korea utara. Namun diwaktu-waktu tertentu juga akan bermigrasi ke China, Thailand dan juga Vietnam.
  3. C. e. kubanensis Laubmann, 1915 – Berkembangbiak di wilayah Utara dan Timur Turkey, Caucasus,  Iran dan Turkmenistan. Spesies ini kadang bermigrasi ke wilayah Utara India.
  4. C. e. ferghanensis (Kozlova, 1939) – Spesies ini berkembangbiak di daerah pegunungan di Kazakhstan, Kyrgyzstan dan bagian barat China (Xinjiang) sampai ke Afghanistan,juga dijumpai di pakistan dan India di beberapa kawasan yang berbeda dengan spesies burung sejenis yang lain.
  5. C. e. roseatus (Blyth, 1842) – berkembangbiak di wilayah pegunungan Himalaya,dari Ladakh sampai ke India. Spesies ini juga dijumpai di Myanmar, China, Thailand, Laos dan juga Vietnam.
Suara burung pipit yang satu ini juga bagus,silahkan bisa kalian dengarkan audionya dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : bird song, finch
0 Komentar untuk "Suara burung rosefinch"
Back To Top