Suara burung sikatan kelam

Burung Sikatan kelam atau nama dalam bahasa Inggrisnya disebut Leaden Flycatcher (Myiagra rubecula) ini adalah spesies burung dalam famili Monarchidae. Burung berukuran 14 cm. yang sering menggetarkan ekornya. Bulu burung jantan berwarna abu-abu-biru-metalik-kusam, dan bagian perut berwarna putih bersih. Bulu tubuh bagian atas burung betina abu-abu polos, tenggorokan dan dada kayu-manis pucat, dan perut putih. Lebih mudah dibedakan lewat pengenalan suaranya.

Mirip burung jantan Sikatan satin, dibedakan oleh warna hitamnya yang biru-metalik, bukan kelam-pucat.Mirip burung jantan Kehicap bertopi, dibedakan oleh warna putih pada sisi dada bagian atas yang merupakan ciri khas Kehicap bertopi. Seperti umumnya burung betina dari genus Myiagra, sangat mirip dengan Sikatan paruh- lebar (yang hanya menghuni hutan mangrove), dibedakan oleh warna dadanya yang lebih pucat, dengan tepi bulu ekor terluarnya putih.
Suara burung sikatan kelam
http://ibc.lynxeds.com/

Burung betina Sikatan satin juga sangat mirip, dibedakan oleh warna tubuh bagian atasnya yang lebih gelap dan lebih coklat, tenggorokan dan dada coklat-merah lebih terang, juga ukurannya lebih besar. Terdiri dari 6 sub-spesies, dengan daerah persebaran:
  1. papuana (Rothschild & E. J. O. Hartert, 1918): bagian selatan dan tenggara pulau Papua dan pulau-pulau di Selat Torres. 
  2. sciurorum (Rothschild & E. J. O. Hartert, 1918): Kep. D’Entrecasteaux dan Kep. Louisiade (ujung tenggara pulau Papua). 
  3. concinna (Gould, 1848): berkembangbiak di Australia tengah sisi utara dan barat laut; juga bermigrasi ke Semenanjung Cape York. 
  4. okyri (Schodde & Mason, 1999): Semenanjung Cape York (Australia utara). 
  5. yorki (Mathews, 1912):  Australia timur laut dan timur. 
  6. rubecula (Latham, 1801): berkembangbiak di Australia tenggara; bermigrasi ke bagian tenggara pulau Papua dan Australia timur laut (Queensland timur). 
Seperti burung jenis sikatan yang lainnya,burung ini juga sangat aktif bergerak, berburu dengan menyergap mangsa, biasanya serangga secara mendadak dari tempat bertengger. Ras-ras penetap menghuni savana, sedang ras-ras yang bermigrasi lebih memilih menghuni di tepi hutan, dan habitat yang terganggu. Jarang menjelajah sampai ketinggian 500 mdpl. Sarang berbentuk mangkuk dangkal, tersusun dari kulit batang pohon dan rumput yang dijalin dengan jaring laba-laba, interior sarang dihiasi dengan kepingan kayu dan lumut.

Suara burung ini terdengar lebih sering monoton dan sedikit vareasi,silahkan dengarkan audionya dibawah ini:
  1. Suara burung sikatan kelam
  2. Suara burung sikatan kelam
Sumber informasi tentang burung diatas dikutip dari kutilang.or.id dan wikipedia.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : suara burung
5 Komentar untuk "Suara burung sikatan kelam"
Back To Top