Suara "drumming" burung pelatuk

Burung pelatuk atau platuk adalah jenis burung yang memiliki paruh sangat kuat. Dalam bahasa Inggrisnya,burung pelatuk disebut sebagai Woodpecker. Ada banyak sekali jenis burung pelatuk yang terdapat di dunia ini. Di Indonesia sendiri juga terdapat banyak spesies burung platuk yang berbeda-beda antara pulau satu dengan lainnya.
Suara "drumming" burung pelatuk

Burung ini mempunyai keunikan dalam kebiasaan di alam liar. Burung ini lebih sering terlihat memanjat dibanding bertengger di dahan pohon. Mirip seperti burung rambatan maupun parrot yang suka memanjat pepohonan sambil mencari makanan. Paruhnya yang kuat digunakan untuk melubangi pohon dalam mencari makan maupun sebagai sarang dalam perkembang biakannya.

Suara drumming burung pelatuk adalah suara ketika burung pelatuk sedang membuat lubang di kayu. Paruhnya yang kuat digunakan untuk mematuk batang sambil bergerak sangat cepat seperti bergetar sehingga menimbulkan bunyi. Bunyinya terdengar seperti suara kentongan yang dipukul dengan intonasi yang sangat rapat sehingga suaranya terdengar lunak dan keras.

Ketika kita berjalan-jalan di sawah maupun hutan,pasti sering dengar dengan suara drumming burung pelatuk ini. Biasanya akan sering terdengar dari pukul 9 pagi sampai jam 4 sore,terlebih lagi jika musim kawin burung pelatuk ini tiba.

Untuk lebih jelasnya tentang suara drumming burung pelatuk,silahkan lihat video di bawah ini biar lebih percaya bahwa setiap makhluk hidup memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri.


Jika kalian ingin mengoleksi audio mp3 nya,silahkan download suaranya dibawah ini.
Semua suara drumming burung pelatuk adalah sama,akan berbeda suara antara drumming burung pelatuk yang berukuran besar dan kecil,jantan dan betina serta jenis kayu yang dipatuk. Tapi umumnya mampu  membuat suara yang unik dan berbeda dengan burung lain. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
8 Komentar untuk "Suara "drumming" burung pelatuk"
Back To Top