Suara owa dan siamang yang lantang dan nyaring

Dengarkan suara Owa dan Siamang yang merdu dan nyaring. Untuk pertama kalinya timkicau mengupload audio binatang mamalia dari jenis binatang primata yaitu owa dan siamang. Saya tertarik dengan suara kedua binatang yang masih satu keluarga ini karena suaranya sangat keras dan nyaring. Suara khas primata penghuni hutan-hutan lebat di sumatra yang sangat jelas.

Saya menautkan audio suara owa dan siamang di blog ini karena terimajinasi dengan suara burung Superb Lyrebird. Si burung dari Australia yang berukuran besar dan pandai menirukan berbagai suara di lingkungan sekitarnya.

-Owa (gibbon)
Suara owa dan siamang yang lantang dan nyaring

Owa atau (gibbon) adalah sejenis kera kecil yang terkenal karena kepandaiannya berakrobatik dan bergerak lincah. Owa dikategorikan sebagai hewan arboreal karena menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berayun di pohon- pohon. Owa banyak ditemukan di alam liar di hutan hujan tropis dan subtropis Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Wilayah penyebarannya dapat ditemukan di China, Myanmar, Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Vietnam, Timur Laut India, Thailand, dan juga Kamboja.

Silahkan dengarkan suaranya dibawah ini.
  1. Suara Owa (gibbon)
Kedua spesies ini memiliki ciri fisik yang hampir sama,tubuhnya ditutupi oleh rambut yang lebat di sebagian besar tubuhnya, kecuali wajah, jari, telapak tangan, ketiak, dan telapak kaki mereka dan juga tak berekor. Namun tampilan fisik owa lebih kecil dan lebih cakep dibanding siamang.

-Siamang
Suara owa dan siamang yang lantang dan nyaring

Siamang merupakan salah satu hewan dari jenis primata yang memiliki nama latin Symphalangus syndactylus. Siamang memiliki wajah berbentuk cicin dan berwarna putih kusam. Indera Siamang memiliki indera yang sangat mirip dengan manusia, seperti pendengaran, penglihatan (melihat warna), bau, rasa, dan sentuhan. Wajah Siamang memiliki wajah berbulu dengan mata gelap dan hidung kecil. Atas kepalanya seperti sisiran belah tengah.

Mereka tergolong monyet bertubuh besar. Ukuran tubuh mereka bisa 2 kali lebih besar dari Owa (gibbon), dengan tinggi mencapai 1 m dan berat badan mencapai 14 kg. Siamang merupakan satu-satunya spesies dari genus Symphalangus.

Siamang memiliki 2 keunikan yang khas,yaitu dua jari pada setiap kakinya disatukan oleh sebuah membran, dan yang membedakan dengan Owa adalah pada siamang ini memiliki kantung suara yang membuat tenggorokan siamang dapat mengembang hingga sebesar kepalanya sehingga membuatnya dapat menghasilkan suara yang keras, panggilan berresonansi atau suara teriakan.
Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara Siamang
  2. Suara Siamang
  3. Suara Siamang
Siamang hidup di hutan-hutan di wilayah Malaysia, Thailand, dan Pulau Sumatera Indonesia.
Tag : Suara Lain
5 Komentar untuk "Suara owa dan siamang yang lantang dan nyaring"
Back To Top