10 jenis burung kancilan yang jarang dikenal

10 jenis burung kancilan yang jarang dikenal. Berbicara tentang jenis burung kancilan,sebenarnya ada cukup banyak sekali jenisnya yang terdapat di Indonesia. Ada yang sudah populer di kalangan penghobi burung,ada juga yang jarang bahkan tidak dikenal oleh para pecinta burung. Burung kancilan adalah jenis burung yang mempunyai suara sangat lantang dengan tembakan khas berupa cuitan tajam.

Beberapa jenis burung kancilan sudah kami update di blog ini,silahkan lihat kembali pada artikel tentang Burung Kancilan. Berikut ini daftar 10 burung kancilan (selain yang sudah pernah kami posting di blog ini) yang tercatat terdapat di Indonesia.

Kancilan ungu Maroon-backed Whistler(Coracornis raveni)
10 jenis burung kancilan yang jarang dikenal

Adalah spesies burung dalam famili Pachycephalidae. Burung ini endemik di Pulau SulawesiSedang (15 cm.). Burung jantan berkepala hitam; punggung kadru-tua; dan tubuh bagian bawah abu-abu zaitun tua. Tubuh bagian atas burung betina berwarna coklat, dengan warna bagian mahkota lebih abu-abu; tubuh bagian bawah kecoklatan dengan warna bagian perut lebih kuning.

Kancilan perut-kuning Sulphur-bellied Whistler (Pachycephala sulfuriventer) (Walden, 1872)(Pachycephala sulfuriventer)
10 jenis burung kancilan yang jarang dikenal
Berukuran Kecil sekitar (14,5 cm.). Tubuh bagian atas berwarna zaitun-kekuningan, dengan warna lebih coklat pada bagian mahkota; tubuh bagian bawah berwarna keputih-putihan, dengan warna kuning pada perut bagian bawah.adalah spesies burung dalam famili Pachycephalidae. Burung ini endemik di Pulau Sulawesi

Kancilan buah Yellow-flanked Whistler (Hylocitrea bonensis) (A. B. Meyer & Wiglesworth, 1894)
Berukuran Sedang (15,5 cm.). Tubuh bagian atas burung jantan berwarna zaitun, dengan punggung bagian atas abu-abu tua, dan tunggir lebih kuning; dada abu-abu; sisi tubuh kuning-zaitun. Mahkota burung betina berwarna zaitun-kekuningan; dan tenggorokan bungalan kayu-manis.adalah spesies burung dalam famili Pachycephalidae. Burung ini endemik di Pulau Sulawesi

Kancilan Tunawarna,
Berukuran Kecil (14 – 15,5 cm.). Tubuh bagian atas coklat-abu-abu; mahkota keabu-abuan lebih gelap; warna bulu pada tubuh bagian bawah bervariasi untuk tiap ras, meski secara umum dapat dikelompokkan menajdi dua pola utama, yaitu pola tenggorokan keputih-putihan; dada keabu-abuan; dan perut putih atau bungalan; dan pola seluruh tubuh bagian bawah berwarna kayu-manis merah-karat seragam.

Kancilan Obi Cinnamon-breasted Whistler (Pachycephala johni)
Berukuran Sedang (14 cm). Kancilan pancawarna Pachycephala griseonata. Mahkota sabak, punggung kecoklatan, tubuh bagian bawah kayu-manis merah-karat seragam. Pada betina coret tangkai bulu tenggorokan dan dada hitam.

Kancilan Dada-karat Rusty-breasted Whistler (Pachycephala fulvotincta)
Berukuran Sedang (17 cm), berbulu hitam, putih, dan kuning. Mahkota, sisi kepala, tengkuk, dan pita pada tenggorokan burung jantan berwarna hitam; dagu dan tenggorokan putih; tubuhbagian atas hijau-zaitun; ekor kehitaman; tubuh bagian bawah kuning-emas. Tubuh bagian atas burung betina berbulu coklat-zaitun suram; tubuh bagian bawah berbulu kuning-tua keabu-abuan; tungging tersapu kuning. Iris merah; paruh coklat; kaki abu-abu. Mirip dengan Kancilan ekor-hitam dan Kancilan sclater.

Kancilan Dagu-hitam Black-chinned Whistler (Pachycephala mentalis)
Berukuran Sedang (15-19 cm). Jantan: mirip Kancilan tenggorokan-kuning, tetapi berukuran sedikit lebih besar. Tenggorokan putih dan pita hitam pada dada terputus (hanya bagian tengah yang cukup tebal dan terlihat jelas, sehingga bagian sampingnya tidak sampai menyambung sampai kepala) dan pada dagu terpadat noktah hitam sempit. Betina: tubuh bagian atas zitun, mahkota abu-abu, tenggorokan berpalang abu-abu dan putih diikuti sebuah pita abu-abu, dada zaitun dan perut kuning.

Kancilan Perut-putih Wallacean Whistler (Pachycephala leucogastra) (Salvadori & D’Albertis, 1875)
Berukuran Kecil (14 cm.). Kepala dan pita di dada berbulu hitam; tenggorokan dan perut berbulu putih; punggung abu-abu. Tubuh bagian atas burung betina bervariasi menurut ras, mulai dari coklat merah karat sampai keabu-abuan; tubuh bagian bawah juga bervariasi menurut ras, mulai dari pucat dengan coretan gelap sampai keputih-putihan dengan pita abu-abu pada bagian dada, serta coretan gelap legam di dada dan tenggorokan.

Jantan: kepala dan kalung dada hitam, tubuh bagian atas kelabu, sayap atas dan ekor coklat gelap, tubuh bagian bawah putih, iris mata coklat kemerahan, paruh hitam. Betina: Tubuh bagian atas coklat merah-kart hingga keabu-abuan, tubuh bagian bawah pucat dengan coretan gelap. Ras actitorquis tubuh bagian atas betina coklat merah-karat, tenggorokan keputih-putihan dan tubuh bagian bawah krem merah-karat, bercoret-coret gelap. Burung remaja mirip betina.

Kancilan Burik Mottled Whistler (Rhagologus leucostigma) (Salvadori, 1876) Sinonim: Pachycephala leucostigma 
10 jenis burung kancilan yang jarang dikenal

Berukuran  Sedang (16 cm.), berwarna kusam bertotol. Burung jantan berwarna kusam abu-abu zaitun; tubuh bagian atas lebih gelap dan lebih zaitun; bertotol abu-abu di muka dan tubuh bagian bawah. Burung betina berwarna lebih cerah, dengan warna merah-karat terang pada bagian muka, sayap, dan ujung ekor. Iris mata burung jantan dan betina berwarna pucat-kemiri.

Burung jantan mirip betina burung Paruh-bajak gelambir, bedanya pada betina Paruh-bajak gelambir terdapat warna hijau-kuning pada tubuh bagian bawah. Burung betina mirip Kancilan tengkuk-merah remaja, bedanya bagian dagu Kancilan tengkuk-merah remaja berwarna merah-karat. Juga berukuran lebih besar dan lebih montok. Juga mirip Anis-bentet kecil dan Kancilan kelabu, bedannya bulu-bulu Kancilan burik lebih gelap dan lebih bertotol.

Kancilan Tengkuk-merah Rufous-naped Whistler (Pachycephala rufinucha) (Sclater, 1874) Sinonim: Aleadryas rufinucha Deskripsi Sedang (17 cm.), Iris pucat, mahkota bagian belakang merah-karat, dan dagu kuning khas. Burung muda memiliki warna merah-karat di dagu dan tenggorokan, belum ada di tengkuk. Burung muda mirip burung betina Anis kuku-lurus, bedannya pada burung betina Anis kuku-lurus terdapat banyak totol pada tubuh bagian atas. Juga memiliki perilaku yang berbeda.

Berdasarkan penelitian,daftar jenis burung kancilan lengkapnya adalah sebagai berikut:
  1. Pachycare flavogrisea (Kancilan Topeng- emas)
  2. Rhagologus leucostigma (Kancilan Burik)
  3. Hylocitrea bonensis (Kancilan Buah)
  4. Coracornis raveni (Kancilan Ungu)
  5. Aleadryas rufinucha (Kancilan Tengkuk- merah)
  6. Pachycephala grisola (Kancilan Bakau)
  7. Pachycephala phaionota (Kancilan Pulau)
  8. Pachycephala hyperythra (Kancilan Karat)
  9. Pachycephala hypoxantha (Kancilan Kalimantan)
  10. Pachycephala sulfuriventer ( Kancilan Perut-kuning)
  11. Pachycephala meyeri (Kancilan Vogelkop)
  12. Pachycephala simplex (Kancilan Kelabu)
  13. Pachycephala orpheus
  14. Pachycephala pectoralis (Kancilan Emas)
  15. Pachycephala soror (Kancilan Sclater)
  16. Pachycephala lorentzi (Kancilan Lorentz)
  17. Pachycephala schlegelii (Kancilan Obuhai)
  18. Pachycephala nudigula
  19. Pachycephala aurea (Kancilan Tunggir- emas)
  20. Pachycephala griseonota (Kancilan Tuna- warna)
  21. Pachycephala arctitorquis
  22. Pachycephala monacha (Kancilan Kepala- hitam) 
  23. Pachycephala leucogastra
Sumber identifikasi burung diatas dikutip dari situs wikipedia dan http://www.kutilang.or.id/ .Untuk gambar burungnya bisa kalian lihat di google. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "10 jenis burung kancilan yang jarang dikenal"
Back To Top