Burung branjangan gunung (cica koreng jawa)

Burung branjangan gunung,begitulah nama lokal di daerah saya. Di beri nama branjangan gunung karena burung ini memiliki warna bulu yang menyerupai  burung branjangan, selain itu juga kebiasaannya yang suka di tanah mirip branjangan. Tapi secara ilmiahnya,burung ini sangat jauh hubungan kekerabatannya dengan burung branjangan. Ada juga yang menyebutnya dengan nama Dempyak,kakakriak maupun kriak-kriak.

Berdasarkan nama dalam bahasa nasional Indonesia,burung ini disebut Cica-koreng jawa. Sedangkan nama internasionalnya disebut Striated grassbird  (Megalurus palustris). Burung ini adalah spesies burung dari keluarga Locustellidae Genus: Megalurus.
Branjangan gunung (cica koreng jawa)
http://orientalbirdimages.org/

Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga, seperti belalang, kumbang, jangkrik dan memiliki habitat di lapangan rumput terbuka, rumpun gelagah, bambu, semak sekunder, kebun teh yang tersebar sampai ketinggian 2.000 m dpl.

Burung branjangan gunung /Cica-koreng jawa memiliki tubuh berukuran besar (26 cm). Berwarna coklat,terdapat coretan hitam tebal pada bagian punggung,alis mata kuning tua,ekor agak panjang dan ujungnya meruncing. Tubuh bagian atas coklat kemerahan terang. Coretan hitam pada punggung dan penutup sayap. Tubuh bagian bawah keputihan. Coretan hitam pada dada. Sisi tubuh dan penutup ekor tersapu merah karat,iris coklat, paruh atas hitam, paruh bawah kemerah jambuan, kaki merah jambu. Hidup sebagian di atas tanah, berlari di bawah rumpun lebat, sering terlihat bermain terbang rendah.

Sering bertengger mencolok di tempat terbuka sambil bernyanyi. Sarang berbentuk bola, teranyam pada gelagah. Telur berwarna merah jambu, berbintik halus merah dan ungu, jumlah 2-3 butir. Berbiak setiap tahun, kecuali bulan November. Penyebaran India, Cina, Filipina, Asia tenggara (kecuali Semenanjung Malaysia). Di Indonesia sendiri menyebar di wilayah Kalimantan, Jawa dan Bali.

Suara burung ini lumayan bagus,jika kalian orang Magelang,di kawasan lereng merbabu itu banyak dan sering terlihat berpasangan. Silahkan download dan dengarkan beberapa vareasi suara burung dempyak dibawah ini.
  1. Suara burung branjangan gunung (dempyak) v1
  2. Suara burung branjangan gunung (dempyak) v2
  3. Suara burung branjangan gunung (dempyak) v3
  4. Suara burung branjangan gunung (dempyak) v4
  5. Suara burung branjangan gunung (dempyak) v5
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
4 Komentar untuk "Burung branjangan gunung (cica koreng jawa)"

Akhirnya semua blogger berusaha mempertahankan eksistensi blognya dengan ganti domain, kapan smpyan ganti domain kang ? Maju terus tim kicau semoga bisa seperti omkicau

awal bulan wingi :D,semoga kang tapi tidak sama dengan omkicau,cuma tetanggaan saja sama adminnya kok,tetanggaan kabupaten maksudnya hhh

kalo masalah burung selalu ada saja yang nyari apalagi suara burung diinternet, katanya buat penggesek mas, kalo saya sih sudah ngoleksi cukup lumayan suara burung dari mas rip ini :)

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top