Burung Tepus tikus merah, kicaunya unik

Burung tepus tikus merah atau dikenal dalam bahasa Inggrisnya sebagai Rusty Mouse-warbler (Crateroscelis murina), ini adalah spesies burung pengicau dari keluarga Pardalotidae. Masih satu kerabat dengan burung tepus tikus gunung dan tepus tikus dwiwarna. Burung ini hanya dapat dijumpai di Indonesia bagian utara dan Papua New Guinea (papua nugini).

Burung Tepus tikus gunung,ocehannya bagus juga

Berukuran kecil sekitar 12 cm., dengan bulu tubuh bagian atas coklat-tua dan bagian tudung lebih gelap. Tenggorokan putih-pucat , dada dan perut berwarna coklat-kekuningan. Ekor pendek dan tungkai berwarna merah-jambu terlihat panjang.Mirip Tepus-tikus dwiwarna, dibedakan oleh warna bulu tubuh bagian bawah coklat kemerah-merahan terang. Mirip dengan Tepus-tikus gunung yang memiliki pola warna bervariasi pada tiap ras dan tempat hidupnya, namun dapat dibedakan terutama oleh tempat hidupnya yang lebih tinggi. Iris mata pucat, dan bagian perut tidak berwarna coklat kekuningan.

Burung ini sering terlihat seperti tikus kecil, karena hanya mencari makan di permukaan tanah dengan cara membalik-balik seresah daun di lantai hutan primer dan memburu serangga pada belukar pendek. Menghuni dataran rendah di kaki bukit dan hutan pegunungan bawah sampai ketinggian 1700 mdpl.

Suara burung ini khas di hutan kaki-bukit berupa siulan indah, jernih, bernada tinggi, mendayu. Tidak banyak vareasi lagu kicauan,yang sering dinyanyikan biasanya terdiri dari rangkaian tiga sampai lima nada sederhana, sering diawali nada pembuka yang pendek, dan kadang dengan suara getaran di tengah-tengahnya. Kicauan ini diulang beberapa kali. Beberapa suaranya kadang terdengar berirama seperti lagu “happy birthday“ dan juga sering menirukan kicauan burung lain.

Silahkan dengarkan audionya dibawah ini:
  1. Suara burung tepus tikus merah
  2. Suara burung tepus tikus merah
  3. Suara burung tepus tikus merah
Identifikasi tentang burung diatas dikutip dari situs kutilang.or.id dengan beberapa penambahan kata (rewrite). Sumber audio rekaman dari xeno-canto.org dan diedit oleh www.timkicau.com. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : suara burung
1 Komentar untuk "Burung Tepus tikus merah, kicaunya unik"
Back To Top