Cara menghilangkan kebisingan pada audio mp3

Cara menghilangkan kebisingan audio mp3. Menghilangkan kebisingan atau noise,sepertinya terlalu mainstream. Lebih tepatnya adalah mengurangi efek bising pada file mp3 hasil rekaman. Biasanya setiap audio yang kita rekam itu selalu ada efek-efek suara angin maupun suara gelombang lain yang masuk. Misalnya kita merekam audio suara burung di hutan,pasti akan ada efek suara yang terdengar seperti 'ssssss' maupun dengungan lirih yang lain.

Untuk mengurangi desisan/dengungan yang masuk ke dalam hasil rekaman tersebut tidak terlalu susah. Nah bagi kicaumania yang ingin membuat audio mp3 sendiri dengan rekaman burung peliharaannya sendiri,berikut ini akan saya buatkan caranya yang paling mudah. Pastikan kalian merekam suaranya ditempat yang tidak terlalu berisik. Contohnya jangan di pinggir jalan,jangan di tempat yang banyak aktifitas orang.

Tujuannya agar suara-suara yang lebih keras dari suara objek yang kita rekam tidak masuk. Karena akan percuma jika kita edit audio hasil rekaman yang sangat berisik,bahkan suara yang kita rekam setara dengan suara lingkungan yang berarti bercampur dengan objek suara yang kita rekam. Kalau hanya suara desisan angin saja bisa kita bersihkan 80-90%.

Berikut ini cara untuk mengurangi efek noise pada audio hasil rekaman. Sebelumnya,silahkan kalian download dulu softwarenya. Kali ini saya gunakan software yang gratis,sangat ringan digunakan dan mudah dipahami. Saya gunakan software yang namanya Audacity,bisa kalian cari di google.

1. Buka software audacitynya lalu klik File-Import kemudian pilih audio hasil rekaman kalian.

2. Sebagai contoh audio milik saya bisa kalian dengarkan atau download juga suara percobaan ini. Saya menggunakan suara burung Indigo Bunting Silahkan Dengarkan. Setelah saya import ke audacity,sonogramnya akan terlihat seperti ini.(saya gunakan audio rekaman yang tidak terlalu berisik biar lebih simpel)

Cara menghilangkan kebisingan audio mp3
3. Itu contoh sonogram yang berarti tidak terlalu berisik,atau efek kebisingannya sangat sedikit. Sekarang kita kurangi kebisingan-kebisingan yang masuk ke dalam audio tersebut. Gunakan tool sellect lalu pilih bagian yang mewakili semuanya, sebagai contoh lihat gambar berikut (jangan menyeleksi sonogram audio suara objek yang kita rekam,pilih yang jedanya)
Cara menghilangkan kebisingan audio mp3

4. Setelah itu klik menu Effect lalu pilih Noise Removal kemudian klik lagi Get Noise Profile.
Cara menghilangkan kebisingan audio mp3


Cara menghilangkan kebisingan audio mp3

5. Sekarang klik menu Edit-Select-All,maka nanti akan terseleksi semuanya seperti ini.
Cara menghilangkan kebisingan audio mp3

6. Jangan di apa-apakan bagian sonogram tersebut,sekarang klik menu Effect lagi lalu pilih Noise Removal lagi kemudian klik Ok (bukan get noise profile lagi seperti pada langkah nomor 4). Maka nanti software tersebut akan secara otomatis bekerja,biarkan saja sampai proses selesai.
Cara menghilangkan kebisingan audio mp3

7. Nah audio diatas hasilnya bisa dilihat dari gambar sonogram dibawah ini,atau bisa langsung Dengarkan Disini.
Cara menghilangkan kebisingan audio mp3

Seperti itu cara mengurangi kebisingan pada audio mp3,untuk hasil yang lebih bagus bisa kalian edit lagi melalui menu effect. Disitu ada banyak sekali sub menu yang bisa kalian gunakan untuk berimajinasi. Selain noise removal,yang penting untuk editing dengan audacity adalah Bass and treble,Equalizer,Amplify dan juga Compressor. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.
Tag : Tutorial
5 Komentar untuk "Cara menghilangkan kebisingan pada audio mp3"
Back To Top