Dahsyatnya suara burung samyong

Burung samyong atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Bare throated Whistler ini merupakan jenis burung endemik dari Indonesia. Burung ini berasal dari Nusa Tenggara, lebih tepatnya lagi di Flores (NTT) dan di Sumbawa (NTB). Oleh penduduk asli burung ini di panggil dengan sebutan garugiwa yang artinya adalah burung arwah.  Terlepas dari mitos yang beredar mungkin nama tersebut diberikan karena pada saat burung itu berbunyi hanya suaranya saja yang terdengar namun wujud burung itu tidak terlihat, karena burung itu berada di atas ranting atas pohon-pohon yang tinggi.

Selain garugiwa, burung ini juga dikenal sebagai burung 1001 suara. Hal ini karena memang banyak sekali jenis suara asli di alam yang dapat di bawakan oleh burung samyong ini. Di habitat asli nya burung samyong aktif di atas pohon yang tingginya sekitar 10 meter. habitatnya berada di sekitar 1400 mdpl (meter diatas permukaan laut).
Dahsyatnya suara burung samyong
ibc.lynxeds.com

Burung samyong merupakan burung yang bersifat teritorial dan burung yang penyendiri. Pada saat aktif bersuara burung ini menempati area yang sama dengan luas wilayah sekitar 500 meter persegi.
Burung samyong jantan memiliki tampilan warna bulu yang berbeda dengan burung samyong betina. Perbedaannya adalah sebagai berikut.
  • Bulu kepala sampai dengan leher bagian belakang berwarna hitam.
  • Tenggorokan berwarna merah (semacam gelambir), yang menggembung saat berkicau.
  • Bulu bagian atas kadangkala membentuk jambul saat berkicau dengan suara keras.
  • Bagian bawah berwarna kuning kecoklatan. Sedangkan bagian atas dan sayap berwarna kuning kecoklatan lebih tua dibanding bagian bawah.
  • Bagian bawah ekor berwarna hitam, namun tidak segelap warna bulu di kepalanya.
  • Paruh berwarna hitam dengan garis putih pada bagian tengah paruh.
Burung Betina :
Dahsyatnya suara burung samyong

  • Memiliki warna bulu hijau kekuningan sampai dengan ekornya
  • Kepala abu-abu tua 
  • Tenggorokan mempunyai bulu meski sudah dewasa
  • Bentuk kepala membulat
  • Paruh lebih pendek
Itu perbedaan jika burung sudah dewasa,namun ketika usia burung masih kecil/muda, ciri-cirinya tidak bisa dilihat seperti burung samyong usia dewasa. Ketika usia muda, burung samyong jantan  berwarna sama dengan betina, yang sedikit membedakan adalah dibagian pinggir sayap maupun ekor samyong jantan akan berwarna kemerahan atau kecokelatan.

Suara burung ini sagat keras ketika di hutan,terdengar sangat jelas karena kelantangan suaranya yang khas. Selain itu, burung ini juga sangat gacor dan setiap kali berkicau, durasinya bisa cukup lama dengan berbagai vareasi lagu yang dinyanyikannya. Berikut ini kami ada 2 audio suara burung samyong. Satu dari audio burung samyong yang sudah dipelihara dan satunya lagi suara burung samyong asli hutan dengan durasi panjang.
  1. Suara burung samyong
  2. Suara burung samyong asli hutan
Audio diatas kami konversi dari hasil rekaman video yang ada di youtube. Sudah kami edit dan kualitasnya lebih jernih dibanding suara hasil rekaman videonya tapi kami tidak merubah vokalisasinya. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
4 Komentar untuk "Dahsyatnya suara burung samyong"
Back To Top