Kicau poksay punggung merah karat

Burung poksay punggung merah karat atau chestnut-backed laughingthrush (Garrulax nuchalis) ini adalah salah satu jenis burung poksay atau dalam keluarga besar Leiothrichidae. Burung ini memiliki tampilan yang agak mirip dengan Garrulax black-throated laughingthrush (Garrulax chinensis) atau bahasa lokalnya burung poksay pipi putih atau yang biasa disebut dengan Poksay Hongkong maupun singkatannya yaitu Poho oleh para penikmat kicauan burung di Indonesia.

Nyaris sama memang di bagian kepala,namun secara keseluruhan tampak perbedaan. Poksay punggung merah karat  memiliki warna di bagian belakang (punggungnya) merah karat atau kecoklatan. Kemudian warna bulu di seluruh tubuhnya juga agak kecoklatan,berbeda dengan poksay hongkong yang memiliki warna bulu lebih tegas.
Kicau poksay punggung merah karat
http://orientalbirdimages.org/

Burung ini hanya tersebar dalam wilayah yang terbatas,secara literaturnya hanya dapat dijumpai di India dan Myanmar. Sedangkan poksay pipi putih atau poksay hongkong mempunyai wilayah persebaran yang lebih luas, meliputi China, Thailand, dan Indochina (Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Laos).

Makanan burung ini juga tidak berbeda dengan jenis burung poksay yang lain,yaitu serangga dan buah-buahan sebagai makanan utama. Suara burung ini juga keras dan gahar seperti suara burung poksay hongkong. Berikut ini timkicau ada beberapa audio mp3 suara burung poksay punggung merah karat,silahkan dengar audionya dibawah ini:
  1. Suara burung poksay punggung merah karat
  2. Suara burung poksay punggung merah karat
  3. Suara burung poksay punggung merah karat
  4. Suara burung poksay punggung merah karat
  5. Suara burung poksay punggung merah karat
Sumber audio rekaman suara burung diatas dikutip dari situs xeno-canto.org  tanpa menghapus nama recordernya yang ada di dalam file audio tersebut. Selain itu juga telah di edit penuh dengan menambah durasi dan mengurangi efek kebisingan oleh www.timkicau.com. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Kicau poksay punggung merah karat"
Back To Top