Namdur,Siburung Pintar Sang Desainer Sarang

Burung Namdur atau juga disebut sebagai Burung Pintar maupun Burung Kucing,sedangkan dalam bahasa Inggrisnya disebut Bowerbird. Ini adalah spesies burung dari keluarga Ptilonorhynchidae. Dalam keluarga ini memiliki 20 spesies yang terbagi dalam delapan genus. Memiliki tubuh yang berukuran sedang. Makanan mereka biasanya buah, tapi ada juga yang memakan serangga.

Sepuluh spesies endemik New Guinea, delapan spesies endemik Australia dan dua spesies dapat ditemukan di kedua tempat tersebut. Yang unik dari burung namdur ini adalah ketika Musim Kawin. Ciri khas ini yang membuat burung ini terkenal. Burung Namdur jantan akan merancang dan membangun sarang yang unik, indah, dan mewah. Sarang dibentuk dari ranting dan daun yang disusun secara artistik dan indah. Sekeliling sarang juga dihias dengan bahan makanan atau berbagai barang-barang buatan manusia seperti tutup botol, kancing, uang, dan sebagainya.Berikut ini penampakan sarang burung namdur  jenis satin browerbird dikutip dari wpengine.netdna-cdn.com dan cannedyams.wordpress.com
Namdur,siburung pintar desainer sarang

Namdur,siburung pintar desainer sarang

Namdur,siburung pintar desainer sarang



Barang-barang ini umumnya berwarna mencolok atau cerah agar lebih menarik. Semakin menarik, indah, dan mewah sarang yang dibuat, maks akan semakin membuka peluang burung Namdur jantan memperoleh betinanya. Tidak cukup hanya itu saja untuk memikat perhatian burung betina,burung Namdur jantan pun akan menyuguhkan atraksi tarian berupa kepakan sayap dipadu dengan gerakan maju-mundur dan suara kicauan. Ibaratkan manusia,kekayaan itu penting,tapi juga harus memiliki kemampuan.Berikut ini tarian rayuan burung namdur jenis Flame Bowerbird
Namdur,siburung pintar desainer sarang
nahooyanswers.freeforums.org

Burung Namdur jantan layak digelari sebagai seniman dan desainer sarang yang hebat dan romantis. Sedangkan burung Namdur betina, lebih tepat jika disebut burung ‘matre’ (materialistis). Pasalnya, Sang Namdur Jantan dikenal sebagai burung yang piawai merancang dan membangun sarang yang unik dan mewah untuk memikat calon pasangannya. Sebaliknya, Si Namdur Betina akan menilai keindahan sarang dan tarian Si Jantan. Jika tidak menyukainya, Si Namdur Betina pun pergi.

Burung ini termasuk Jenis Burung Kucing bersifat monogami dan membesarkan anak bersama-sama pasangannya, tapi ada juga jenus burung namdur yang bersifat poligami. 
4 Komentar untuk "Namdur,Siburung Pintar Sang Desainer Sarang"
Back To Top