Suara burung mandar batu

Burung Mandar batu atau dalam bahasa Inggrisnya disebut common moorhen (Gallinula chloropus) (atau juga dikenal dengan swamp chicken) ini adalah spesies burung dari keluarga Rallidae, dari genus Gallinula. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga air, binatang kecil, pucuk tanaman muda yang memiliki habitat di danau, kolam, parit, sawah, tambak payau, tersebar sampai ketinggian 1.200 m dpl.
Suara burung mandar batu

Mandar batu memiliki tubuh berukuran sedang (31 cm). Memiliki warna bulu hitam dan putih. Paruh pendek, ada perisai merah terang pada dahi. Bulu seluruhnya hitam suram. Ada coretan garis putih pada sepanjang sisi dan dua bercak putih pada bagian bawah ekor. Iris merah, paruh hijau buram dan pangkal merah, kaki hijau. Kebanyakan hidup di air, berenang perlahan-lahan. Mematuk-matuk serangga dan permukaan tumbuhan.

Sering menjetikkan ekor ketika di darat maupun di air. Dapat berlari di atas air. Dapat menyelam di bawah air untuk waktu lama. Sarang dari tumpukan rumput diatas air atau vegetasi mengambang.
Dalam bahasa lokal disebut dengan burung Bentiungan. Burung ini sedikit pemalu dan cukup sulit untuk didekati. Spesies ini merupakan salah satu jenis burung yang biasanya hidup berdampingan bersama burung-burung lain terutama Koreo Padi dan Tikusan.

Sama seperti burung wak-wak,burung ini juga sering diburu untuk dimakan. Cara berburunya juga sama dengan wak-wak atau ruwak-ruwak. Berikut ini timkicau punya 2 koleksi audio mp3 suara burung mandar batu yang kami konversi dari video yang ada di youtube. Mungkin suaranya agak berbeda dengan suara burung mandar batu di daerah Anda. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara burung mandar batu
  2. Suara burung mandar batu v2
  3. Suara burung mandar batu v3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Refferensi identifikasi burung diatas dari wikipedia dan sumber audio dari xeno-canto dan youtube di edit oleh http://www.timkicau.com/
4 Komentar untuk "Suara burung mandar batu"
Back To Top