Suara burung Poksay Borneo

Burung poksay borneo atau chestnut-hooded laughingthrush (Garrulax treacheri) ini adalah spesies burung poksay atau spesies dalam Leiothrichidae family. Habitat aslinya hanya dapat dijumpai di kawasan pulau Borneo (kalimantan,sabah, serawak,brunei) yang memiliki kemiripan dengan poksay genting atau chestnut- capped laughingthrush dari Sumatera. Sangat mirip dan nyaris tidak terlihat perbedaannya, bahkan ada beberapa ilmuan yang menganggap spesies ini merupakan sub spesies dari poksay genting sumatera.
Suara burung Poksay Borneo
img credited to www.snipview.com

Ukuran tubuhnya juga sama,yaitu sekitar (23 cm), berwarna abu-abu kecoklatan. Topi coklat berangan, paruh jingga, lingkar mata pucat, ada strip putih mencolok pada sayap, dahi bercoretkan putih. Yang membedakan dengan poksay genting adalah lingkaran matanya berwarna kuning,sedangkan poksay genting lingkaran matanya berwarna putih. Iris coklat, paruh jingga, kaki kuning.
Suara burung Poksay Borneo

Ada 3 sub-spesies dengan daerah persebaran yang berbeda,diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. R. t. treacheri (Sharpe, 1879) – Utara Borneo (Sabah).
  2. R. t. damnata (Harrisson & Hartley, 1934) – Kalimantan bagian tengah-utara (Sarawak bagian timur dan Kalimantan bagian timur- laut).
  3. R. t. griswoldi (J. L. Peters, 1940)– Gunung Batu Tibang (perbatasan Sarawak-Kalimantan).
Tersebar dari daerah 200 mdpl di lembah-lembah sampai ketinggian 2800 m. Mencari makan pada pohon-pohon pendek, dalam kelompok dan sambil bersuara riuh. Makanan burung ini berupa serangga, siput kecil, buah-buahan, serta biji-bijian.

Berdasarkan refferensi dari rekaman suara di alam yang ada di kedua situs recording dan identifikasi burung yaitu macaulay dan xeno-canto,suara burung poksay borneo ini lebih bagus dibanding suara poksay genting. Lebih banyak vareasi suara kicaunya dan lebih merdu. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara burung poksay borneo
  2. Suara burung poksay borneo
  3. Suara burung poksay borneo
Berikut ini ada 2 audio hasil rekaman dalam barisan spesies poksay borneo yang ada di xeno-canto,tapi saya ragu karena suaranya seperti bukan typical suara poksay,melainkan seperti suara burung jenis punglor/anis.Silahkan dengarkan audionya dibawah ini,bagus sekali suaranya.
  1. Suara burung
  2. Suara burung
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Sumber identifikasi diatas dari:
wikipedia.org
kutilang.or.id
hbw.com
Sumber audio dari:
macaulay lybrary
Xeno-canto.org
Edited by www.timkicau.com
5 Komentar untuk "Suara burung Poksay Borneo"
Back To Top