Suara burung poksay genting/poksay mandarin

Poksay genting atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebaai chestnut-capped laughingthrush (Garrulax mitratus) dan ada sebagian orang yang menyebutnya poksay mandarin ini adalah salah satu jenis burung poksay yang habitatnya ada di Indonesia. Wilayah persebarannya relatif terbatas, yaitu di Sumatera, Semenjanjung Malaysia, dan Thailand.
Suara burung poksay genting/poksay mandarin
img credited to ornithographer.blogspot.com

Burung ini memiliki kemiripan dengan Poksay Borneo atau chestnut-hooded kaughingthrush (Garrulax treacheri) yang ada di Kalimantan. Berukuran besar sekitar (23 cm), berwarna abu-abu. Topi coklat berangan, paruh jingga, lingkar mata pucat, ada strip putih mencolok pada sayap, dahi bercoretkan putih. Lingkar matanya putih yang membedakan dengan poksay borneo yang lingkar matanya berwarna kuning. Iris coklat, paruh jingga dan kaki kuning.

Suara burung poksay genting/poksay mandarin
Burung ini bersifat dimorfik seksual, di mana burung jantan dan burung betina memiliki penampilan fisik yang hampir sama. Cukup sulit untuk membedakan jika tidak ada pembanding burung sejenis yang lain,terlebih lagi burung yang masih bahan atau belum bunyi. Karena biasanya perbedaan jantan dan betina bisa diprediksi dari suaranya.

Poksay genting ini terdiri dari dua sub-spesies dengan daerah persebaran:
  1. major (Robinson & Kloss, 1919) – ujung selatan Thailand dan Semenanjung Malaysia. 
  2. mitrata ( S. Müller, 1836) – Sumatera.
Burung poksay genting mempunyai habitat yang sama dengan burung jenis poksay yang lain. Umum dijumpai di hutan pegunungan, tepi hutan, dan perkebunan. Di Sumatera,habitat asli burung ini dapat dijumpai di daerah pada kisaran ketinggian 700-2000 m.

Mencari makan pada pohon-pohon pendek, dalam kelompok yang mencolok dan ribut. Memakan serangga, siput kecil, buah-buahan, serta biji-bijian. Biasanya terlihat berpasangan atau dalam kelompok kecil 4-5 individu.

Suara burung ini berupa siulan menyambung “ker-kewiit” dan nada menggelincir naik-turun yang diulang-ulang. Berikut ini ada beberapa audio suara burung poksay genting. Ada suara asli rekaman di alam dan ada suara burung yang sudah dipelihara yang saya ambil dari youtube. Silahkan dengarkan audionya di bawah ini,suara asli di hutan.
  1. Suara burung poksay genting
  2. Suara burung poksay genting
Suara burung poksay genting yang sudah di pelihara dibawah ini:
  1. Suara burung poksay genting
  2. Suara burung poksay genting
  3. Suara burung poksay genting
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Refferensi:
http://wikipedia.org
http://hbw.com
http://www.kutilang.or.id
Sumber audio:
xeno-canto
Macaulay lybrary
Youtube
Edited by http://www.timkicau.com/
10 Komentar untuk "Suara burung poksay genting/poksay mandarin"
Back To Top