Suara burung poksay hitam

Berbicara tentang burung poksay pasti bukan sebuah nama yang asing lagi di telinga para kicau mania. Burung jenis ini dikenal dengan suaranya yang keras. Sesuai dengan namanya "laughingthrush". Ada banyak sekali burung jenis poksay ini,sebagian sudah kami publikasikan. Sekarang ada lagi ini jenis burung poksay yang keberadaannya bisa dijumpai di Indonesia,khususnya hutan-hutan di pulau Sumatera namanya Poksay Hitam.

Poksay hitam atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai black laughingthrush (Garrulax lugubris) ini memiliki habitat asli di Thaiiland,Malaysia dan juga Indonesia. Seperti halnya poksay genting yang memiliki kemiripan fisik dengan poksay borneo,burung ini juga sama. Di kalimantan juga terdapat satu spesies burung poksay yang hampir sama dengan poksay hitam,namun berdasarkan study terbaru,saat ini spesies yang ada di kalimantan merupakan ras dari poksay hitam yang ada di sumatra.
Suara burung poksay hitam

Poksay hitam yang ada di kalimantan memiliki nama dalam bahasa Inggris bare- headed laughingthrush. Poksai hitam memiliki paruh berwarna kuning dengan bulu berwarna hitam kecoklatan. Terdapat selaput kulit berwarna biru di sekitar matanya. Berukuran besar (25-27cm). Untuk burung poksay hitam Sumatera, Paruh kuning jingga dan bulu kehitaman. Sedangkan untuk burung poksay hitam Kalimantan, Paruh merah, bulu terlihat lebih coklat dan kepala kuning botak.

Burung ini termasuk jenis burung penetap yang tidak jarang di hutan pegunungan pada kisaran ketinggian 600-1600 di Sumatera. Sedangkan di Kalimantan, terbatas hanya di daerah pegunungan di Kalimantan bagian utara. Makanan burung ini sama seperti jenis burung poksay yang lain,yaitu serangga,buah-buahan dan biji-bijian.

Suara kicauan burung poksai hitam ini cukup keras,mirip dengan poksai jambul sumatera.Silahkan dengarkan audio suara burung poksay hitam hasil rekaman di alam berikut ini.
  1. Suara poksay hitam
  2. Suara poksay hitam
  3. Suara poksay hitam di hutan
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Refferensi identifikasi burung poksay hitam:
wikipedia.org
hbw.com
Sound recording by:
Macaulay dan xeno-canto.org
Edited by : www.timkicau.com
0 Komentar untuk "Suara burung poksay hitam"
Back To Top