Suara burung poksay (Rusty laughingthrush)

Rusty laughingthrush (Garrulax poecilorhynchus) adalah spesies burung dari keluarga Leiothrichidae. Jika di Indonesia,burung ini populer disebut dengan poksay samho atau samho saja. Namun keberadaannya di Indonesia saat ini cuma bisa dihitung dengan jari saja,sudah sangat jarang orang yang memilikinya,Habitat burung ini terbatas hanya dijumpai di Taiwan saja,tidak dijumpai di negara lain. Ada satu sub spesies yang sangat mirip dengannya,yaitu Buffy Laughingthrush yang ada di china.
Suara burung poksay (Rusty laughingthrush)
www.flickr.com

Burung ini berukuran panjang antara 27–29 cm jika diukur dari ujung paruh hingga ujung ekornya. Memiliki warna bulu dominan coklat di bagian atas tubuhnya, ekor agak kemerahan. Warna bulu bagian bawah tubuhnya mulai dari dada hingga bagian tungirnya  abu-abu kusam. Ujung paruh kuning,pangkal paruh hitam,terdapat selaput kulit warna biru di lingkaran matanya.

Terdapat garis-garis warna hitam yang membentuk pola seperti sisik ikan di bagian mahkotanya. Jantan dan betina sangat mirip dari segi tampilan fisiknya. Suaranya keras dengan nada “úwhieer whí’uh whí’uh… úwhieer whí’uh whí’uh…” yang cukup riuh seperti suara burung poksay pada umumnya.

Berikut ini kami memiliki 2 audio suara burung rusty dan buffy laughingthrush. Suaranya berbeda,untuk suara burung rusty laughingthrush ini merupakan suara asli di alam,sedangkan suara buffy laighingthrush merupakan suara burung yang sudah di pelihara yang saya konversi dari video yang ada di youtube dan sudah saya editing juga tentunya. Silahkan dengar audionya di bawah ini:

Suara burung Rusty Laughingthrush
Download Mp3
Suara burung Buffy Laughingthrush
Download Mp3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara burung poksay (Rusty laughingthrush)"
Back To Top