Suara burung Prenjak coki (cinenan merah)

Burung prenjak coki adalah jenis burung yang masih satu kerabat dengan burung prenjak kepala merah,prenjak lumut maupun prenjak lainnya. Sebagian besar burung jenis prenjak/cinenen banyak ditemukan di Jawa, tapi lain halnya dengan prenjak coki ini atau cinenen merah yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Rufous-tailed tailorbird (Orthomus sericeus ), spesies ini hanya bisa ditemukan di Sumatera, Kalimantan, Palawan, dan Semenanjung Malaysia.
Suara burung Prenjak coki (cinenan merah)
http://www.ownbyphotography.com/

Burung prenjak coki/Cinenen merah ini mempunyai tubuh berukuran panjang sekitar 11 cm. Bagian mahkota, tengkuk dan ekor berwarna merah-karat dan warna bulu pipi nya putih-kekuningan. membedakan dengan jenis-jenis Cinenen lainnya. Ada tiga sub-spesies dengan penyebaran global yang meliputi Palawan dan Semenanjung Malaysia, yaitu:
  1. Orthotomus sericeus rubicundulus menyebar di di Kepulauan Natuna, termasuk Serasan. 
  2. Orthotomus sericeus hesperius menyebar di Ujung selatan Myanmar dan Thailan selatan di selatan sampai semenanjung Malaysia, Sumatera dan Pulau Belitung. 
  3. Orthotomus sericeus sericeus menyebar di Kalimantan dan Filiphina.
Habitat cinenen merah sering dijumpai di hutan bakau ataupun pada semak sekunder. Hidup secara berkelompok dengan keluarganya atau hanya berpasangan pada ketinggian di bawah 500 meter dpl. Seperti juga cinenen/prenjak lainnyak, spesies ini juga kerap menaikturunkan ekornya. Meski memiliki tubuh yang kecil, namun cinenen merah ternyata mempunyai suara kicauan yang lantang dan bervariasi. Berikut ini ada beberapa audio mp3 suara burung prenjak coki yang bisa kalian dengarkan.
  1. Suara burung prenjak coki
  2. Suara burung prenjak coki
  3. Suara burung prenjak coki (alarm)
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara burung Prenjak coki (cinenan merah)"
Back To Top