Burung bilbong pendeta

Burung Blibong Pendeta merupakan jenis burung pengicau dari keluarga jalak-jalakan atau Sturnidae. Dalam bahasa Inggrisnya disebut white-necked myna (Streptocitta albicollis). Burung ini merupakan jenis burung penetap atau burung endemik yang hanya diketahui hidup di sub kawasan Sulawesi. Terdapat dua ras, yaitu:
  • torquata ( Temminck, 1828): Sulawesi bagian utara dan timur, termasuk Lembeh dan Kepulauan Togian. 
  • albicollis ( Vieillot, 1818): Sulawesi bagian selatan dan tenggara, termasuk Muna dan Buton.
Burung ini berukuran agak Besar dengan panjang tubuh dari paruh hingga ke ujung ekornya sekitar (48 – 51 cm.). Berwarna hitam dengan kerah leher dan dada putih. Ekor panjang dan runcing. Mudah dijumpai, menghuni hutan primer dan sekunder, hutan rawa, tepi hutan, hutan terbuka, dan kadang petak-petak lahan budidaya sampai ketinggian 1200 mdpl.
Burung bilbong pendeta
img credited to Bob Thompson +Flickr 

Makanan utamanya adalah berupa buah-buahan, tetapi juga memakan inverteberata dan verteberata kecil seperti kadal. Di habitat aslinya,biasanya burung ini terlihat dalam kelompok kecil 2-3 individu, kadang sampai 5. Bergabung dalam kelompok burung campuran (mixed-species flocks) saat mencari makan.

Musim berbiak September – Oktober. Diperkirakan tipe perkawinannya monogami. Bersarang di lubang-lubang pohon mati seperti burung jalak perling. Ini termasuk jenis burung jalak asli Indonesia yang memiliki tampilan fisik cantik. Hanya ada 2 spesies burung jalak asli Indonesia yang berekor panjang. Satunya lagi merupakan burung jalak yang terdapat di Papua,yaitu Long-tailed starling.

Untuk suara aslinya burung ini tidak begitu bagus,kami belum mempunyai koleksi audio burung diatas.

Sumber: http://www.kutilang.or.id/2012/04/23/blibong-pendeta/
3 Komentar untuk "Burung bilbong pendeta"

nama burungnya unik, ada pendetanya :D

penasaran dengan suaranya...di upload ya mas...walaupun katanya kurang menarik saya penasaran

cuma penyebutan dalam bahasa lokal indonesia saja kang

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top