Burung bilbong pendeta

Burung Blibong Pendeta merupakan jenis burung pengicau dari keluarga jalak-jalakan atau Sturnidae. Dalam bahasa Inggrisnya disebut white-necked myna (Streptocitta albicollis). Burung ini merupakan jenis burung penetap atau burung endemik yang hanya diketahui hidup di sub kawasan Sulawesi. Terdapat dua ras, yaitu:
  • torquata ( Temminck, 1828): Sulawesi bagian utara dan timur, termasuk Lembeh dan Kepulauan Togian. 
  • albicollis ( Vieillot, 1818): Sulawesi bagian selatan dan tenggara, termasuk Muna dan Buton.
Burung ini berukuran agak Besar dengan panjang tubuh dari paruh hingga ke ujung ekornya sekitar (48 – 51 cm.). Berwarna hitam dengan kerah leher dan dada putih. Ekor panjang dan runcing. Mudah dijumpai, menghuni hutan primer dan sekunder, hutan rawa, tepi hutan, hutan terbuka, dan kadang petak-petak lahan budidaya sampai ketinggian 1200 mdpl.
Burung bilbong pendeta
img credited to Bob Thompson +Flickr 

Makanan utamanya adalah berupa buah-buahan, tetapi juga memakan inverteberata dan verteberata kecil seperti kadal. Di habitat aslinya,biasanya burung ini terlihat dalam kelompok kecil 2-3 individu, kadang sampai 5. Bergabung dalam kelompok burung campuran (mixed-species flocks) saat mencari makan.

Musim berbiak September – Oktober. Diperkirakan tipe perkawinannya monogami. Bersarang di lubang-lubang pohon mati seperti burung jalak perling. Ini termasuk jenis burung jalak asli Indonesia yang memiliki tampilan fisik cantik. Hanya ada 2 spesies burung jalak asli Indonesia yang berekor panjang. Satunya lagi merupakan burung jalak yang terdapat di Papua,yaitu Long-tailed starling.

Untuk suara aslinya burung ini tidak begitu bagus,kami belum mempunyai koleksi audio burung diatas.

Sumber: http://www.kutilang.or.id/2012/04/23/blibong-pendeta/
3 Komentar untuk "Burung bilbong pendeta"
Back To Top