Burung luar negeri yang populer di Indonesia

Berbicara tentang burung yang berasal luar negeri atau mancanegara,sekarang ini sudah sangat banyak sekali jenisnya. Burung-burung ini masuk ke Indonesia melalui perdagangan yang terjadi sejak lama. Dulu di era tahun 90an,burung import itu cukup banyak yang di datangkan langsung dari china. Seperti poksay,hwamei, robin,sanma dan yang lain. Tapi semenjak adanya wabah flu burung lalu,keran import burung dari negeri tirai bambu tersebut ditutup dan seakan-akan kepopuleran burung asal china itu hilang begitu saja.

Namun perkembangan dunia burung beberapa tahun terakhir ini di Indonesia sangat pesat sekali. Terlebih lagi karena datangnya burung- burung asal luar negeri seperti kenari dan lovebird yang pernah booming beberapa waktu lalu. Kepopuleran burung ini semakin menjadi ketika setiap kali ada perlombaan burung kicau pasti ada kelas untuk burung-burung ini sehingga membuat harganya melambung tinggi.

Tapi karena burung-burung asal luar negeri yang populer seperti kenari dan lovebird ini mudah di kembang-biakkan di Indonesia,akhirnya banyak orang yang memeliharanya untuk dikembangbiakkan. Entah orang tersebut benar-benar hobi atau karena memanfaatkan kondisi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih,dalam hal ini disebut bisnis.

Berikut ini beberapa jenis burung asal luar negeri yang populer di Indonesia.
1. Kenari


Download mp3 suara burung kenari
Saya yakin sebagian besar orang di negri kita pernah mendengar nama burung kenari,terlebih lagi orang penghobi burung kicau. Burung dengan nama latin Serinus Canaria ini sekarang sudah sangat mudah dijumpai di hampir setiap daerah di Indonesia,padahal burung ini merupakan spesies burung pipit yang berasal dari benua Eropa.

2. Love bird
Download mp3 suara burung Lovebird
Burung yang satu ini juga sama dengan kenari. Kepopulerannya juga sudah meluas di berbagai daerah di Indonesia. Burung paruh bengkok berukuran kecil dan memiliki warna yang beraneka ragam ini merupakan spesies burung yang berasal dari wilayah di benua Afrika.

3. Gouldian Amadine
Burung luar negeri yang populer di Indonesia

Ini adalah salah satu burung finch atau emprit/pipit yang mempunyai warna bulu sangat cantik,simetris dan berwarna-warni. Burung ini banyak dipelihara sebagai burung hias. Asal burung ini dari Australia. Selain burung gould amadine juga ada zebra finch yang juga jenis burung yang populer di Indonesia dari Australia.

4. Macaw
Burung luar negeri yang populer di Indonesia

Sebenarnya burung ini sangat populer,tapi karena harganya yang selangit membuat burung jenis ini hanya dimiliki oleh orang-orang yang punya cukup banyak uang dan orang-orang yang benar-benar hobi. Burung ini berukuran besar, berparuh bengkok dan berwarna sangat indah,ada beberapa macam jenis burung macaw dan kesemuanya harganya mahal. Burung ini berasal dari Brazil,benua Amerika sana.

5. Hwamei/wambi
Hwamei,si burung fighter bersuara dahsyat
Burung hwamei atau lidah jawa menyebutnya dengan wambi ini merupakan jenis burung pengicau yang super mantep. Burung ini dulu pernah populer di Indonesia,kemudian menghilang sejenak dan sekarang mulai populer lagi. Berwarna bulu dominan coklat,bersuara keras dan bervareasi,mantep pokoknya,silahkan dengarkan suaranya di Suara burung hwamei gacor.

6. Poksay Hongkong
Burung luar negeri yang populer di Indonesia
Burung ini masih bersaudara dengan burung hwamei diatas,kepopuleran burung ini juga semusim dengan hwamei. Suara kicaunya dan gaya berkicaunya yang berlenggak-lenggok dengan menggoyangkan ekor dan kadang sayapnya ini membuat banyak orang terkesima dengannya. Suaranya keras dan merdu untuk suara burung jantannya. Sekarang banyak orang yang mulai memelihara kembali burung poksay yang satu ini. Asal burung ini dari berbagai negara tetangga,seperti Thailand,Vietnam dan negara yang dekat dengannya.

7. Parkit
Download suara burung parkit
Ada yang tidak kenal dengan burung yang satu ini?,burung paruh bengkok berukuran lebih kecil dari lovebird tapi memiliki ekor yang panjang ini banyak dipelihara oleh pecinta burung di Indonesia. Ada yang memeliharanya sebagai burung hias,ada juga yang memeliharanya sebagai teman bermain. Burung ini termasuk jenis burung yang pintar dan mudah dekat dengan manusia. Asal burung ini aslinya dari benua Australia.

Nah,itu tadi jenis burung asal luar negeri yang populer di Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya,seperti burung jenis finch dan juga parrot atau paruh bengkok. Sebut saja sun conure, African grey parrot, indian ring neck dan lain sebagainya.
4 Komentar untuk "Burung luar negeri yang populer di Indonesia"
Back To Top