Emerald starling,burung jalak berwarna hijau

Burung emerald starling (Lamprotornis iris) adalah spesies burung dari keluarga jalak-jalakan atau Sturnidae.Burung ini merupakan spesies yang dikelompokkan ke dalam Genus Lamprotornis yang masih satu kerabat dengan burung jalak Afrika atau superb starling.Namun ada juga peneliti yang mengklasifikasikannya kedalam  genus tersendiri,yaitu Coccycolius.

Burung ini berukuran kecil,sekitar 21 cm dan mempunyai warna bulu ngejreng seperti jalak Afrika (superb starling). Warna mahkotanya, tubuh bagian atas, sayap dan ekor-nya hijau metalik. Sedangkan pada bagian sisi kanan kiri pipinya dan bagian bawah perutnya berwarna ungu metalik.
Emerald starling,burung jalak berwarna hijau
img by Lawrence Neo on flickr.com

Warna bulu kedua jenis kelamin burung ini adalah sama.Jalak emerald (emerald starling) banyak dijumpai di kawasan Afrika Barat.Menghuni dataran rendah dan Sabana yang meliputi Pantai Gading, Guinea dan Sierra Leone.

Makanan burung ini adalah serangga dan buah-buahan seperti buah berry.Sarang berbentuk Cangkir yang dibangun di rongga pohon.Burung jantan dan betina bekerja sama dalam membangun sarang dari daun, dan keduanya membawa makanan untuk anak-anaknya setelah menetas.

Meskipun habitat asli burung jalak yang satu ini cukup terbatas hanya berada di kawasan Afrika bagian barat,namun jika kalian ingin memilikinya sekarang sudah ada di Indonesia,namun masih cukup jarang dijumpai.Untuk harganya masih dibilang agak mahal,sekitar 1.5 jutaan per ekor per tanggal artikel ini kami publikasikan.

Harga segitu adalah harga yang wajar untuk kelas burung import,sedangkan untuk suara kicaunya tidak jauh beda dengan suara burung jalak yang seukuran dengannya,yaitu keras dan melengking.Timkicau belum memiliki suara kicauan burung ini yang sudah gacor.Mungkin akan kami update beberapa waktu kedepan jika sudah ada pemilik burung ini dan menguploadnya ke youtube.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Emerald starling,burung jalak berwarna hijau"
Back To Top