Junai Emas,si burung merpati nan eksotis

Burung Junai Emas atau Nicobar pigeon (Caloenas nicobarica) merupakan spesies burung dari keluarga besar merpati. Dalam klasifikasi ilmiahnya tergolong dalam ordo Columbiformes ,Family: Columbidae dan merupakan satu-satunya spesies dalam Genus  Caloenas yang dapat dijumpai di wilayah Indonesia.

Burung ini berukuran besar dengan panjang tubuhnya sekitar (40 cm), berkaki panjang, tampak seperti tidak berekor. Terdapat bulu tengkuk yang panjang seperti berambut gondrong yang khas berwarna abu-abu gelap mengilap. Punggung dan sayap berbulu hijau mengilap kuningan. Ekor putih pendek.Burung remaja lebih kusam dengan bulu ekor hitam atau hijau-tua dan tanpa bulu tengkuk yang panjang.Iris coklat, paruh hitam dengan sera (kenop) yang menonjol, kaki merah keunguan gelap.
Junai Emas,si burung merpati nan eksotis
http://www.taenos.com/

Tempat hidup dan kebiasaan hidup burung ini di alam liar adalah lebih sering ditemukan bersarang di pulau- pulau kecil di lepas pantai, kadang mengembara ke pulau-pulau yang lebih besar dan pesisir daratan utama yang berhutan untuk mencari makan. Makan di atas permukaan tanah di dalam hutan primer di pesisir, hutan Magrove, hutan sekunder yang tinggi, rumpun bambu di tepi hutan, hutan pamah dan hutan perbukitan sampai ketinggian 950 mdpl. Lebih aktif saat senja hari, saat siang hari hanya aktif di tempat-tempat yang gelap dan terlindungi, beristirahat pada tenggeran yang rendah.

Burung eksotis yang satu ini merupakan jenis burung yang dilindungi berdasarkan Perlindungan: PP No. 7/1999. Status spesies ini masuk dalam Daftar merah IUCN : Hampir Terancam (NT ) yang secara perundang-undangan Perdagangan Internasional masuk dalam spesies burung Appendix I, Perdagangan hanya diijinkan untuk kepentingan khusus (misal: riset ilmiah).

Sekedar info saja,meskipun burung ini termasuk jenis burung yang diindungi,tapi pada kenyataannya nasibnya tetap sama seperti burung eksotis yang lainnya,yaitu ada yang memperdagangkan. Pantauan timkicau dari komunitas-komunitas penghobi burung maupun forum jual beli yang ada di facebook,akhir-akhir ini ada yang menjual burung merpati eksotis ini seperti gambar dibawah.
Junai Emas,si burung merpati nan eksotis

Harganya cukup murah jika dibandingkan dengan tampilan fisik dan populasinya yang kian menipis.
6 Komentar untuk "Junai Emas,si burung merpati nan eksotis"

Burungnya unik mas rip,,,baru ngeliat saya

baru pertama kali liat burung ini..ternyta ada d indonesia ya...tpi kok digolongkN ABgI MERPti aih...kayaknya nggk mirip dueeh

masih satu keluarga besar kang hehe

Matanya...hitam gelap , jenis burung ini di daerah Papua ada tapi tidak begitu banyak ....katanya...kata si anu...mas..

Ngelihatnya di rumah sebelah mas....

Bulunya itu yang bikin gregetan, warnanya unik, lain dari pada yang lain :)

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top