Ketika jalak nias berubah jadi jalak putih

Ketika jalak nias dirubah jadi jalak putih. Bukan sulap bukan sihir,tapi ini adalah nyata (nyata tipu daya maksudnya) hehe. Teknik hitam berjualan ternyata masih banyak di pasaran khususnya untuk kalangan penghobi burung. Beberapa waktu lalu timkicau pernah membahas beberapa teknik tipu-tipu yang dilakukan oleh beberapa pedagang nakal dengan membuat sesuatu yang nyaris sama dengan yang dikehendakinya. Contohnya dengan cara menyemir bulu dan mencari burung yang memiliki kemiripan dengan burung yang mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Kali ini yang jadi korban salon adalah jalak nias atau common myna (Acridotheres tristis) yang di make up menyerupai jalak putih atau black-winged starling (Acridotheres melanopterus). Ya,kami sebut korban salon karena caranya adalah dengan merias bulu burung agar serupa dengan burung yang sejenisnya tapi yang harganya lebih mahal.Baca juga Awas burung semiran

Untuk harga pasaran jalak nias umumnya sekitar 150-300 rb an per ekornya,sedangkan jalak putih harganya adalah 1jt keatas (kadang ada yang 800 tergantung usia dan spesifikasinya). Sekilas tentang burung jalak putih,sebenrnya spesies ini sudah rentan punah,sama seperti jalak bali yang jika memeliharanya harus memiliki sertifikat resmi,(idealnya begitu).

Kembali lagi ke topik judul di atas. Kami membuat artikel ini karena kemarin kami lihat di salah satu grup tentang jual beli burung yang ada di facebook. Tampilannya seperti gambar dibawah.
Ketika jalak nias berubah jadi jalak putih

Perhatikan baik-baik gambar burung tersebut. Bagi orang awam atau yang belum pernah mengamati ciri-ciri detail burung jalak putih pasti tidak akan ragu kalau itu adalah jalak putih. Lihat warnanya putih,terdapat selaput kulit tak berbulu yang mengelilingi matanya mirip dengan jalak putih. Apalagi kalau posisinya digantung dan melihatnya dari kejauhan,pasti mengiranya adalah jalak putih tulen,coba perhatikan gambar dibawah ini.
Ketika jalak nias berubah jadi jalak putih

Dari foto burung diatas,bagi yang sudah paham betul dengan ciri-ciri jalak putih asli pasti sudah kelihatan. Bagi yang masih baru supaya kalian tidak menjadi korban penipuan selanjutnya,silahkan perhatikan perbedaan kepala antara jalak putih dan jalak nias aslinya.
Ketika jalak nias berubah jadi jalak putih

Dari gambar diatas sudah terlihat jelas perbedaan di bagian kepalanya,yaitu terdapat di paruh dan matanya. Sementara selaput kulit tak berbulu untuk burung jalak nias cenderung agak kemerahan (kuning orange),sedangkan jalak putih berwarna kuning bersih (kadang ada yang semu kehijauan). Sekarang lihat bagian kakinya seperti gambar dibawah.
Ketika jalak nias berubah jadi jalak putih

Kaki burung jalak putih usia remaja atau anak berwarna hitam semu jingga,sedangkan yang dewasa berwarna kuning (keputih-putihan dan keunguan). Sedangkan jalak nias kakinya kuning tegas.

Warna bulu hitam di bagian sayap burung jalak putih adalah hitam tegas,warna putihnya juga bersih dan tidak kusam.

Mungkin ada yang mau menambahkan silahkan melalui kolom komentar dibawah untuk saling berbagi dan untuk pembelajaran bersama.Semoga bermanfaat dan semoga kalian bukan termasuk dalam korban penipuan berikutnya. Salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Ketika jalak nias berubah jadi jalak putih"
Back To Top