Lagi,dengarkan kicau burung branjangan lokal

Burung branjangan atau Mirafra javanica adalah jenis burung pengicau yang mempunyai habitat asli di kawasan terbuka,arel pesawahan yang lapang ,tempat yang kering di kawasan tanah gersang atau setengah kering, rumput, stepa, kawasan berbatu karang dan gunung pasir. Berukuran kecil,berparuh pendek dengan bulu di seluruh tubuhnya coklat berbatik dan mempunyai ciri khas bulu di bagian atas kepalanya bisa ditegakkan menyerupai jambul.
Lagi,dengarkan kicau burung branjangan

Nama lain dalam bahasa Inggris untuk penyebutan burung branjangan ini selain horsfiel'd bushslarj adalah Australasian Lark, Singing Bushlark(!), Eastern Bushlark, Eastern Singing Bushlark, Cinnamon Lark (woodwardi ), Javan Lark (javanica). Wilayah penyebarannya cukup luas,mulai dari Asia,Afrika dan juga Australia dan papua nugini.

Di Indonesia sendiri terdapat 3 sub spesies berdasarkan daerah asalnya,yaitu :
  1. Mirafra javanica javanica (Horsfield, 1821) – Terdapat di Borneo bagian Selatan, Jawa dan Bali. 
  2. Mirafra javanica parva (Swinhoe, 1871)– Terdapat di kawasan sunda kecil seperti (Lombok, Sumbawa, Sumba dan juga Flores). 
  3. Mirafra javanica timorensis (Mayr, 1944) – Terdapat di pulau sawu nusa tenggara timur
Nah,kalau di kalangan penghobi burung Indonesia, jenis branjangan yang bagus menurut para penghobi adalah yang berasal dari Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah (Petanahan dan Kali Ori) dan Jogja (daerah Wates). Burung dari kawasan ini memiliki ciri-ciri yang disukai penggemar branjangan. Antara lain adalah mental yang baik, body yang besar dan volume suara yang keras dan variasi suara yang beragam, serta corak batik atau warna yang menarik, kemerahan atau kekuningan.

Di Pulau Jawa, jenis branjangan dibagi dalam beberapa daerah peny baran, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Untuk wilayah Jawa Barat, maka yang menjadi maskot bagi penggila Branjangan adalah yang berasal dari daerah Sapan. Burung dari daerah Sapan terkenal dengan suaranya yang nyaring melengking dan kristal, jambul juga menjadi ciri khas burung ini (jambul patent).

Branjangan dari daerah Sapan jika dilihat dari fisiknya tidak terlalu besar hanya seukuran 12-13 cm. berbeda jika dibandingkan dengan branjangan dari daerah Jawa Tengah yang dapat mencapai ukuran tubuh 12-14 cm. Pola batik burung dari daerah Sapan cenderung berpola lebih gelap dengan corak batik yang berwarna hitam hampir serupa dengan branjangan yang berasal dari daerah NTB dan Sumbawa.

Sementara itu branjangan dari Sri Kayangan, Kulonprogo (Wates) berdaya tarik tinggi karena ciri fisik yang lebih besar dan memiliki warna dan pola batik yang lebih menarik. Sedangkan branjangan dari Nusa Tenggara mempunyai corak warna bulu yang lebih pekat. Ukuran tubuhnya juga tidak sebesar jenis branjangan dari daerah lain, seukuran 10-12 cm.(www.kicaumania.or.id)

Dibawah ini timkicau ada beberapa file audio mp3 suara burung branjangan lokal Indonesia yang kami konversi dari video yang ada di youtube,tentunya sudah kami lakukan editing terlebih dahulu untuk mengurangi efek kebisingan.Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara burung branjangan
  2. Suara burung branjangan
  3. Suara burung branjangan
Di blog ini ada banyak sekali jenis burung branjangan beserta audio mp3 nya yang sudah kami upload,silahkan dibuka kembali dengan cara klik label atau tautan link yang bertuliskan Branjangan.
0 Komentar untuk "Lagi,dengarkan kicau burung branjangan lokal"
Back To Top