Model sarang berbagai jenis burung

Mengenal model-model sarang burung di habitat aslinya. Keaneka ragaman jenis burung selain mempunyai warna dan suara yang berbeda-beda,kebiasaan, makanan dan tempat tinggalnya pun berbeda-beda. Ada burung yang membangun sarangnya di ranting-ranting pohon,ada yang di batang pohon dan ada juga yang membentuk lubang di tanah tebing. Namun kebanyakan jenis burung bersarang diatas pohon dengan bentuk menyerupai mangkuk.

Nah untuk mengenal berbagai ragam model sarang burung,berikut ini timkicau rangkumkan sedikit tentang model-model bentuk sarang burung di habitat aslinya yang unik-unik. Kami menuliskannya tidak mendetail,yang artinya hanya perwakilan dari salah satu model yang umum dijumpai. Berikut ini adalah macam-macam model sarang burung di alam bebas.
model-model sarang burung di habitat aslinya

1. Bentuk Mangkuk
Sarang model ini sangat umum sekali digunakan sebagian besar burung untuk berkembangbiak. Ada yang modelnya rapih,ada juga yang semrawut asal-asalan jika dilihat dari bawah atau luar. Sedangkan bagian dalamnya membentuk lubangan yang menyerupai mangkuk. Sarang model begini digunakan oleh burung jenis pengicau seperti jenis Muscicapidae,cucak-cucakan,Zosterops, Anis dan lain-lain.

2. Sarang Gantung
Untuk sarang burung dengan model menggantung ini ada 2 jenis,yaitu yang menggantung dengan pintu (lubang untuk masuk) dibawah dan diatas. Lubang dibawah adalah model sarang burung Weaver atau Manyar,sedangkan sarang menggantung dengan pintu diatas (samping) digunakan oleh burung jenis penghisap madu,seperti Sunbird (burung madu),umum disebut kolibri di Indonesia.

3. Sarang Menempel
Sarang model menempel begini adalah jenis sarang yang dibangun oleh burung jenis Swallow atau burung layang-layang (walet dan sriti). Sarang ini dibangun menggunkan air liurnya sebagai perekat bahan yang lainnya dan menempel di pojokan bangunan atau di langit-langit rumah maupun di bawah jembatan.

4. Sarang Terbungkus
Nah,model sarang burung yang satu ini kadang sangat susah dilihat karena posisinya terbungkus dengan daun. Sarang dengan model seperti ini biasanya dibuat oleh burung perajut atau Tailorbird atau Prenjak-prenjakan. Sarang burung ini biasanya berada pada pohon yang mempunyai daun lebar,kemudian nanti burung ini akan menjahit dua atau tiga helai daun yang kemudian ditengah-tengahnya adalah sarang mereka.

5. Sarang dalam Lubang
Seperti jenis sarang menggantung,sarang model dalam lubang ini juga ada 2 jenis,yaitu dalam tanah dan dalam batang pohon. Untuk model sarang berupa lubangan dalam tanah biasanya dibuat oleh burung jenis kingfisher atau raja udang. Sedangkan untuk model sarang yang berupa lubangan di batang pohon biasanya dibuat oleh burung jenis Woodpecker atau pelatuk.

Nah,itulah beberapa model sarang burung yang ada di dunia ini. Namun masih ada banyak model yang lainnya. Seperti sarang di tanah yang dibangun oleh burung jenis branjangan dan burung puyuh serta burung tanah yang lainnya. Sarang berada di lubang kayu maupun batu yang biasa digunakan oleh burung hantu dan masih banyak model sarang yang lainnya yang serupa tapi tak sama.
Tag : Dunia Burung
1 Komentar untuk "Model sarang berbagai jenis burung"
Back To Top