Suara ayam hutan cina (Chinese bamboo partridge)

Chinese bamboo partridge (Bambusicola thoracicus) adalah spesies burung dari keluarga besae Galliform atau ayam-ayaman yang berukuran kecil. Ini adalah salah satu spesies dalam genus Bambusicola,bersama dengan mountain bamboo partridge yang terdapat di pegunungan Himalaya. Ini bukan termasuk dalam suku kicauan atau Passerine,namun suaranya cukup bagus dan unik,makanya timkicau uploadkan untuk kalian dengarkan.

Spesies ini berukuran panjang sekitar 31 cm,burung jantan sedikit lebih besar dari pada betina. Warna bulu tubuh di bagian dada dan punggung berbintik warna hitam, coklat, dan krem.Bagian atas kepalanya dan leher berwarna abu-abu. Tenggorokan berwarna coklat seperti long-billed partridge.
Suara ayam hutan (Chinese bamboo partridge)
http://5.share.photo.xuite.net/

Burung-burung ini mampu terbang seperti jenis ayam hutan yang lain, bergerak dari sub kanopi hutan, bukit yang curam ke kawasan yang lebih rendah beberapa kali sepanjang hari.

Burung (ayam hutan) ini merupakan spesies endemik atau asli Timur daratan Cina,yang berarti tidak ditemukan di negara lain,namun telah berhasil diperkenalkan ke Jepang, Hawaii dan Argentina sehijgga spesies ini sudah dapat dijumpai di berbagai negara.

Suara ayam hutan yang satu ini cukup keras dengan nada yang agak kasar.Suaranya terdengar seperti kata 'crek croe wek' yang diulang-ulang.Silahkan dengarkan audionya dibawah ini:
  1. Suara Chinese bamboo partridge
  2. Suara Chinese bamboo partridge
  3. Suara Chinese bamboo partridge
Semoga bermanfaat.
6 Komentar untuk "Suara ayam hutan cina (Chinese bamboo partridge)"
Back To Top