Suara Burung Jalak Kapas

Burung jalak kapas atau ada yang menyebutnya dengan burung jalak sutera ini merupakan jenis burung jalak-jalakan atau Sturnidae yang memiliki postur tubuh sedang. Dalam bahasa Inggrisnya disebut purple-backed starling atau daurian starling (Agropsar sturninus). Panjang tubuhnya sekitar 18 cm, dengan punggung gelap, kepala dan dada abu-abu, sayap hitam-hijau berkilau dengan garis sayap putih mencolok.

Antara burung jantan dan betina nyaris sama persis jika dilihat sekilas. Burung jalak kapas jantan dan betina bisa dibedakan dari warna bulu pada bagian punggung atau tubuh bagian atas. Pada burung jantan, warna punggung hitam mengkilap dengan kilauan ungu. Selain itu, sayapnya berwarna hitam kehijauan berkilau dengan garis-garis sayap berwarna putih. Sedangkan kepala dan bagian dada berwarna abu-abu dengan bercak hitam pada tengkuk dan perut berwarna putih.
Suara burung jalak kapas
pinterest
Pada burung betina,di bagian punggungnya berwarna abu-abu gosong atau karat. Di bagian tengkuk terdapat bintik cokelat. Sayap dan ekor hitam. Burung remaja berwarna cokelat pucat dengan tubuh bagian bawah berwarna bintik-bintik cokelat, iris cokelat, paruh kehitaman dan kaki yang berwarna hijau.

Burung ini dapat ditemukan di Kamboja, Cina, Fiji, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Norwegia, Pakistan, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Yaman. Habitat aslinya menghuni kawasan hutan tropis dan hutan subtropis. Habitat asli burung ini ada di kawasan Siberia, China, dan kaki Pegunungan Himalaya. Menjelang musim dingin, mereka bermigrasi ke wilayah selatan, terutama Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, jalak kapas lebih sering berada di kawasan Sunda Besar, yaitu Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Keberadaannya di pasar burung biasanya juga musiman,nah pada musim jelang akhir tahun seperti ini biasanya banyak dijumpai di pasar burung karena burung ini sudah mulai bermigrasi ke Indonesia.

Makanan burung ini juga sama dengan burung jalak yang lainnya,yaitu berupa serangga dan buah-buahan. Untuk suara kicaunya ,berikut ini ada 2 audio suara burung jalak kapas,namun tidak bagus,kalau mau dengarkan silahkan klik saja link audio mp3nya dibawah ini.
  1. Suara burung jalak kapas
  2. Suara burung jalak kapas
Sumber audio suara burung jalak kapas diatas dikutip dari situs xeno-canto.org. Kami edit dengan sedikit polesan untuk mengurangi efek bising dalam audio rekaman di alam tersebut. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Suara Burung Jalak Kapas"
Back To Top