Suara burung kacer india (indian robin)

Burung kacer india atau robin India atau Indian robin (Saxicoloides fulicatus) ini merupakan spesies burung pengicau yang masih satu genus dengan burung kacer dan murai batu (klasifikasi bisa berubah setiap waktu). Burung ini hanya dapat dijumpai di kawasan India dan sekitarnya (Indian subcontinent) seperti Bangladesh, Bhutan, India, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.

Burung ini biasanya mudah dijumpai di daerah terbuka dan sering terlihat berjalan di tanah atau bertengger di semak-semak berduri yang rendah dan daerah bebatuan. Ekor burung ini panjang dan sering ditegakkan, sebuah kebiasaan yang sering dilakukan oleh burung jenis kacer maupun murai.
Suara burung kacer india (indian robin)
kacer india muda
Warna bulu burung ini cantik,lebih bervareasi dibanding dengan warna bulu burung kacer pada umumnya.Pada burung jantan berwarna hitam kecoklatan dan mengkilap kebiruan di sebagian besar bulu tubuhnya.Bagian punggung dan atas tubuhnya kecoklatan,ada juga yang hitam total.Tungirnya coklat kemerahan (merah bata) dan terdapat warna bulu putih disayap,namun ada juga sub spesies yang tidak ada putihnya di sayap.Burung betina mempunyai warna yang berbeda,bulunya lebih kusam dan berwarna coklat di sebagian besar tubuhnya,sayap kehijauan.

Kacer India ini terdiri dari 5 subspecies yang tersebar dari Pakistan, India sampai ke Sri Lanka.
  1. Copsychus fulicatus cambaiensis (Latham, 1790); Pakistan ke utara dan barat India dan dataran rendah Nepal
  2. Copsychus fulicatus erythrurus (Lesson, 1831); Timurlaut India (dataran Bihar dan Bengal barat)
  3. Copsychus fulicatus intermedius (Whistler & Kinnear, 1932) India Tengah (Bombay ke Hyderabad dan sungai Krishna)
  4. Copsychus fulicatus fulicatus (Linnaeus, 1766); India Selatan (Bombay ke Mysore dan Kerala)
  5. Copsychus fulicatus leucopterus (Lesson, 1840); dataran rendah Sri Lanka
Untuk suara kicauan burung Kacer India ini mempunyai typical suara yang berbeda dengan Kacer yang terdapat di Indonesia yang suara dasarnya kebanyakan terdengar seperti kicauan panjang atau siulan panjang.Sedangkan untuk suara kacer India sendiri suaranya seperti suara burung jenis sikatan yang lantang.Berikut ini timkicau ada 2 koleksi audio mp3 suara burung kacer India dikutip dari xeno-canto yang bisa kalian dengarkan dibawah:
  1. Suara burung kacer india
  2. Suara burung kacer india
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : bird song
0 Komentar untuk "Suara burung kacer india (indian robin)"
Back To Top