Suara burung Kancilan Topeng-emas

Kancilan Topeng-emas atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Goldenface (Dwarf Whistler) Pachycare flavogrisea (A.B.Meyer,1874) Sinonim: Pachycare flavogriseum. Burung ini berukuran keci,sekitar 13cm.Postur tubuh pendek dan gemuk. Sesuai dengan namanya yaitu goldface,bagian wajah atau mukanya berwarna kuning khas, tubuh bagian bawah kuning-terang; tubuh bagian atas abu-abu dengan bintik putih di sayap bagian belakang dan batas hitam di mahkota.
Suara burung Kancilan Topeng-emas
http://ibc.lynxeds.com/

Persebaran dan ras Pegunungan di Pulau Papua, kecuali di Pegunungan Cyclops, Pegunungan Adelbert, dan Pegunungan Kumawa.Terdiri dari 4 sub-spesies, dengan daerah persebaran:
  1. flavogriseum (A. B. Meyer, 1874): Daerah Kepala Burung (Pegunungan Arfak, Pegunungan Tamrau) dan Pegunungan Wandammen, di Pulau Papua bagian barat. 
  2. subaurantium (Rothschild & E. J. O. Hartert, 1911): Pulau Papua bagian tengah di Pegunungan Weyland, lereng selatan Pegunungan Nassau, Pegunungan Oranje dan Pegunungan Victor Emanuel, dan di timur mungkin sampai Gunung Karimui. 
  3. randi (Gilliard, 1961): Sungai Idenburg, di Pulau Papua bagian utara. 
  4. subpallidum (E. J. O. Hartert, 1930): Pulau Papua bagian timur dan tenggara dari Pegunungan Torricelli, Pegunungan Sepik, Semenanjung Huon (Pegunungan Saruwaged), Pegunungan Herzog dan, di selatan, Propinsi Eastern Highlands.
Tempat hidup dan Kebiasaan Sering berburu dalam gerombolan berbagai jenis burung pemakan serangga di antara dedaunan pada kanopi hutan. Bersembunyi di dedaunan pada kanopi bagian luar. Menghuni daerah punggung bukit yang kering, terutama yang didominasi pohon Ek (Castanopsis spp.) pada rentang ketinggian antara 400 – 1750m, tapi lebih umum pada rentang ketinggian antara 1000 – 1500 mdpl. Memakan serangga dan laba-laba, berburu di tajuk hutan bagian bawah dan tengah, kadang bergabung dengan kelompok burung pemakan serangga.

Musim berbiak pada bulan Juni, Oktober dan November. Sarang membulat dengan pintu dengan pintu masuk disamping, tersusun dari: ranting kering, daun, seresah, paku-pakuan dan rumput. Sarang diletakkan diatas tanah yang curam atau di pohon kecil pada tepi lereng lembah. Jumlah telur 2 butir tiap periode berbiak.

Suara Meledak-ledak mirip suara logam dan diakhiri dengan suara bersin dalam berbagai variasi. “Tink-tink- tink- tink WHIT” atau “choot-choot WHIT” atau “sweet- sweet sweet- sweet chut-chut CHUT” atau “Wheep-wheep chew- chew- chew wheep-wheep chew- chew- chew!” Mirip suara Tepus-permata belang, bedanya variasi suara Tepus-permata belang lebih sedikit dan hanya dikeluarkan saat di permukaan tanah. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara burung Kancilan Topeng-emas
  2. Suara burung Kancilan Topeng-emas
Identifikasi burung diatas dikutip dari situs (www.kutilang.or.id).dengan sound recording dari xeno-canto.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Suara burung Kancilan Topeng-emas"
Back To Top