Suara burung little greenbul

Burung little greenbul (Eurillas virens) adalah spesies burung pengicau dari jenis cucak-cucakan atau dalam keluarga Pycnonotidae.Burung ini merupakan spesies dalam Genus Eurillas yang merupakan jenis cucak-cucakan yang terdapat di benua Afrika.Berukuran kecil antara 16-17cm dengan bulu berwarna coklat kehijauan dan keabu-abuan.Paruh coklat kehitaman,kaki kemerahan dan iris matanya putih.
Suara burung little greenbul
www.pbase.com

Terdapat 5 sub spesies burung little greenbul berdasarkan habitat aslinya,diantaranya adalah sebagai berikut:

  • A. v. erythropterus (Hartlaub, 1858) – Gambia Timur sampai di bagian Timur Nigeria. 
  • A. v. amadoni (Dickerman, 1997) – Bioko. 
  • A. v. virens (Cassin, 1857) – Terdapat di bagian barat Cameroon, Sudan bagian selatan dan Kenya bagian barat, Selatan ke utara Angola dan selatan Congo. 
  • A. v. zombensis Shelley, 1894 – Terdapat di wilayah tenggara Congo, Utara Zambia, Utara dan Tenggara Malawi, Tenggara Kenya, Tanzania dan Mozambik. 
  • A. v. zanzibaricus (Pakenham, 1935) – Zanzibar.
Menghuni hutan-hutan tropis maupun sub tropis,dataran rendah dan juga padang rumput di kawasan Afrika.Makanan burung ini berupa serangga dan buah-buahan seperti makanan burung cucak pada umumnya.

Suara burung ini juga lumayan bagus,bagi yang mau mendownload atau hanya sekedar ingin mendengarnya saja,silahkan klik saja link file audio mp3 suara burung little greenbul dibawah ini:
  1. Suara burung little greenbul
  2. Suara burung little greenbul
  3. Suara burung little greenbul
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Sumber identifikasi burung diatas dikutip dari situs daftar hidup burung yang ada di dunia,yaitu www.hbw.com dengan sumber audio mp3 suara burung diatas dikutip dari situs recorder di www.xeno-canto.com dengan sedikit pengeditan oleh www.timkicau.com.
1 Komentar untuk "Suara burung little greenbul"
Back To Top