Suara burung Pilotbird

Pilotbird (Pycnoptilus floccosus) adalah spesies burung endemik Australia yang merupakan bagian dalam keluarga Acanthizidae dan masih berkerabat dengan burung Remetuk Rawa atau Large-billed gerygone. Burung ini merupakan satu-satunya spesies atau monotipik dalam genus Pycnoptilus. Penempatan taksonomi dari spesies ini masih diperdebatkan, karena adanya beberapa kemiripan dengan bristlebirds.
Suara burung Pilotbird
http://ibc.lynxeds.com/

Pilotbird adalah spesies burung endemik Australia yang dapat dijumpai di kawasan Tenggara New South Wales dan Victoria Timur. Habitat aslinya adalah hutan sklerofil beriklim basah dan hutan hujan tropis. Ada dua subspesies yang Pycnoptilus floccosus floccosus yang tinggal di daerah pegunungan di New South Wales seperti Snowy Mountains dan Pycnoptilus floccosus sandfordi. Habitat asli burung ini terdapat di hutan dataran rendah dari Newcastle ke Melbourne.

Pilotbird memiliki postur tubuh gemuk dan agak bulat,panjang tubuhnya sekitar 18 cm dan beratnya sekitar 27 gram. Memiliki kepala besar dan paruh pendek. Bulu tubuhnya sebagian besar berwarna hitam keabu-abuan karat, di bagian dada, tenggorokan,ujung sayap,tungir dan ekornya berwarna kecoklatan. Nama dari spesies berasal dari kebiasaan yang sering dilakukan,menari seperti lyrebird,namun kebiasaan jarang diamati.

Suara burung ini cukup kuat,keras dan lunak sehingga tidak memekakkan telinga. Berikut ini ada 2 audio suara burung pilotbird yang kami kutip dari xeno-canto.org dan telah kami edit sedikit untuk memperpanjang durasinya.
  1. Suara burung pilotbird
  2. Suara burung pilotbird
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
5 Komentar untuk "Suara burung Pilotbird"
Back To Top