Suara Burung Sikatan Rimba Dada Kelabu

Burung Sikatan rimba dada kelabu atau grey-chested jungle flycatcher (Rhinomyias umbratilis) ini merupakan spesies burung dari keluarga Muscicapidae dan dalam Genus: Rhinomyias. Masih berkerabat dengan burung sikatan yang lain,baik itu sikatan gunung,sikatan rimba dada coklat dan beberapa jenis burung sikatan yang sudah sering kita dengar namanya.

Burung sikatan rimba dada kelabu berukuran sekitar 15 cm, sebagian tubuhnya di dominasi dengan warna coklat. Tubuh bagian atas coklat-zaitun gelap, tubuh bagian bawah sangat putih, kontras dengan garis coklat abu-abu pada dada. Bagian sayap burung muda bersisik dan bergaris kuning-merah karat. Selain perilaku yang khas Sikatan, Sikatan- rimba dada-kelabu dapat dibedakan dengan jenis-jenis burung lain dari tidak adanya alis- mata, perhatikan lingkar-mata dan kumis.
Suara burung sikatan rimba dada kelabu
http://orientalbirdimages.org/
Dapat dibedakan dengan jenis-jenis Sikatan- rimba yang lain dari garis di dada yang abu- abu, bukan coklat. Iris coklat-tua, paruh hitam, Kaki abu-abu merah-jambu.

Habitat dan persebaran burung ini dapat dijumpai di Ujung selatan Thailand, Malaysia, brunai. Di Indonesia sendiri terdapat di Sumatera, Belitung dan Kalimantan.

Burung ini menghuni hutan primer dan hutan sekunder dataran rendah, hutan rawa-gambut, dan areal perkebunan sampai ketinggian 1000 mdpl. Berperilaku khas jenis-jenis Sikatan yang menghabiskan sebagian besar waktu pada tumbuhan bawah, dengan berburu serangga terbang dari tenggeran rendah namun tak pernah hinggap di tanah.

Suara kicaunya juga memiliki nada yang khas burung sikatan/tledekan dengan empat sampai enam nada yang terdengar merdu, lemah, bergemerincing menurun “tii, ti-ti-tu-ti-tu” dan juga vareasi panggilan "cet, cet, cet" atau "tek, tek, tek" yang identik dengan suara burung tledekan, juga tiga nada yang bernada sama dan diikuti oleh getaran. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara burung sikatan rimba dada kelabu
  2. Suara burung sikatan rimba dada kelabu
  3. Suara burung sikatan rimba dada kelabu
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Sikatan Rimba Dada Kelabu"
Back To Top