Suara burung zebra finch unik dan lucu

Burung zebra finch atau pipit zebra adalah salah satu jenis burung pipit yang banyak dipelihara di Indonesia.Burung ini memiliki warna bulu yang cantik dan unik serta lucu,jadi banyak orang yang memelihara dan membudidayakan spesies burung pipit yang satu ini.Para penghobi burung pipit di Indonesia mupun di manca negara yang dikenal dengan finch lovers biasanya memelihara dan membudidayakan burung ini sebagai burung hias,bukan burung kicauan seperti kenari dan finch yang memiliki suara kicauany yang bagus lainnya.

Para pemelihara burung finch ini hanya dinikmati dari segi warna bulunya,biasanya semakin unik dan langka akan warna yang di hasilkan dari hasil pembudidayaan maupun persilangan maka harganya pun akan semakin mahal.Jika diluar negeri ada kontes penampilan burung jenis zebra finch ini.
Suara burung zebra finch unik,lucu
Burung zebra finch jantan (http://canberrabirds.org.au)

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak penghobi burung ini,selain itu juga sudah banyak motif-motif warna bulu yang dihasilkannya. Secara umum,burung Zebra Finch (Taeniopygia guttata) yang sebelumnya bernama latin (Poephila guttata) ini memiliki habitat asli di Australia Tengah dan meluas ke sebagian besar benua tersebut. Burung ini juga dapat ditemukan dialam liar di Indonesia dan Timor Timur yang biasa disebut dengan Zebra Finch Timor. Burung tersebut telah diperkenalkan ke Puerto Rico, Portugal, Brasil dan Amerika Serikat dan berkembang hingga muncul jenis-jenis burung zebra finch yang unik.

Tampilan warna bulu antara burung Jantan dan betina berbeda.Untuk  burung Jantan usia dewasa,dahi hingga leher dan samping leher berwarna abu-abu atau abu-abu muda, kemudian menjadi coklat abu-abu pada mantel, punggung dan skapular, penutup sayap abu-abu gelap dengan tepian coklat muda. Sayap terbang juga berwarna abu-abu gelap, bagian tengah dari bagian bawah tunggir berwarna putih, sisi samping abu-abu atau keabu-abuan gelap. Penutup sayap atas bergaris-garis panjang hitam dan putih. Ekor hitam kecoklatan, tetapi tertutupi bagian dasarnya oleh penutup ekor bagian atas yang panjang. Dagu, tenggorokan dan dada abu-abu pucat, dengan dada berpita hitam melintang pada bagian tengahnya. Paruh pendek, berwarna oranye terang sampai merah. Mata merah tua atau oranye-merah. Kaki dan paha merah muda atau oranye agak merah muda.
Suara burung zebra finch unik,lucu
Burung zebra finch betina

Sedangkan untuk Betina yang berusia dewasa warna bulunya lebih polos dari jantan dewasa, tidak ada warna coklat pada pipi dan penutup telinga. Terdapat garis hitam mulai dagu hingga dada, terdapat garis pita hitam pada dada dan kecoklatan pada sisi tubuh; tetapi digantikan oleh abu-abu polos dibagian atas dengan tunggir bagian bawah berwarna putih. Warna lebih putih terdapat pada perut dan penutup ekor bagian bawah. Mempertahankan garis-garis panjang pada penutup ekor bagian atas dan garis hitam hingga bagian mata pada wajah. Paruh lebih pucat dibanding jantan, oranye atau oranye-kuning. Sedangkan untuk burung yang masih berusia Remaja,warna bulunya Sangat mirip dengan betina dewasa, tetapi bagian atas lebih berwarna dengan coklat kemerahan, dimana akan menjadi lebih abu-abu seiring bertambahnya usia.Seluruh paruh berwarna hitam.

Di habitat aslinya,burung Zebra finch hidup di padang rumput dan hutan, biasanya dekat dengan air. Mereka biasanya ditemukan di stepa terbuka dengan semak-semak dan pepohonan.Berkembang biak setelah hujan lebat yang dapat terjadi setiap saat sepanjang tahun. Sedangkan burung yang ada di penangkaran dapat berkembang biak sepanjang tahun. Burung liar beradaptasi dan bervariasi dalam kebiasaan bersarang mereka, sarangnya berada di dalam lubang, pohon-pohon yang rendah, semak-semak, tanah, rumah rayap, luabang kelinci, dan di bekas sarang burung lain. Di luar masa berbiak, sarang digunakan untuk tidur.


Suara dari jenis ini sebagian besar terdiri dari panggilan dengan volume yang keras, riuh dan unik. Suara burung ini seperti suara balon mainan anak-anak yang bisa ditekan bunyi "toet,toet" dan kadang-kadang juga bersuara nembak dan getaran khas.Burung Zebra Finch jantan akan mulai belajar berkicau pada masa-masa pubertas, sementara betina tidak memiliki kemampuan berkicau. Suara kicauan setiap burung jantan berbeda-beda antara burung satu dengan yang lainnya, meskipun berasal dari garis keturunan yang sama, namun semua memiliki keunikan suara sendiri. Anakan zebra finch biasanya meniru lagu induk jantan dengan sedikit variasi. Lagu dapat berubah selama masa pubertas, tetapi setelah itu akan memiliki suara yang sama dengan keunikan masing-masing..

Hal ini disebabkan karena perbedaan perkembangan, dimana didalam embrio, zebra finch jantan memproduksi estrogen yang kemudian diubah menjadi hormon seperti testosteron di otak, yang pada gilirannya menyebabkan perkembangan sistem saraf untuk sistem lagu. Lagu-lagu mereka dimulai dengan suara terputus-putus, tetapi ketika mereka terus mencoba, mereka dapat mencocokkan apa yang dinyanyikan dengan kicauan bapaknya, dan mereka dengan cepat dapat menyempurnakan kicauannya. Selama masa-masa formatif, mereka akan menggabungkan suara dari lingkungan nya ke dalam lagu-lagu mereka.

Meskipun tidak masuk kedalam kategori burung kicauan,namun tidak ada salahnya jika kalian dengarkan suara burung zebrafinch koleksi timkicau.com ini yang sudah dimodifikasi sehingga suaranya lebih keren,unik dan lucu serta gacor pastinya.Silahkan dengarkan suara burung zebra finch jantan dibawah ini.
  1. Suara burung zebra finch
  2. Suara burung zebra finch
  3. Suara burung zebra finch
Dari audio diatas mungkin bisa kalian gunakan untuk menambah vareasi isian untuk burung kicau yang kalian pelihara.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Sumber penulisan dari wikipedia,gelatikblog dan situs burung lainnya dengan audio mp3 dari youtube yang sudah diedit penuh oleh www.timkicau.com.
0 Komentar untuk "Suara burung zebra finch unik dan lucu"
Back To Top