Suara kicau unik burung owl finch

Burung Owl Finch atau juga dikenal sebagai bicheno atau double-barred finch (Taeniopygia bichenovii), adalah salah satu jenis burung finch atau pipit yang hidup di benua Australia. Burung ini dijuluki sebagai owl finch diambil dari penampilan warna bulunya. Bermuka putih dengan garis hitam, dan garis hitam yang melintang di bagian dada membentuk seperti wajah burung hantu atau Owl. Warna tubuhnya coklat muda dipunggung dan bagian depan putih, dengan sayap hitam dan berbintik-bintik putih kecil.

Burung mungil ini mempunyai ukuran kurang lebih sama besarnya dengan burung pipit jawa atau jenis Munia. Di Indonesia sendiri burung ini sudah banyak yang memeliharanya sebagai burung hias maupun untuk di kembang biakkan dan dijual kembali. Sebagian finch lovers pasti sudah kenal dengan burung pipit asal Australia ini.
Suara kicau unik burung owl finch
flickr.com

Makanannya relatif sama dengan burung jenis pipit atau bondol atau emprit,yaitu biji-bijian.Antara burung jantan dan burung betina hampir sama,biasanya burung betina berwarna lebih kusam dibanding dengan burung jantan.Burung ini cukup gesit dan agressiv dan suka berkelahi ketika musim kawin biasnya jika dicampurkan banyak burung owl finch dalam satu kandang besar.Itu terjadi karena perebutan pasangan.

Dalam musim kawin,si burung betina akan menyuguhkan tarian untuk merayu burung betina,tarian burung owl finch ketika merayu burung betina adalah dengan gaya menaik turunkan tubuhnya seperti skot jump. Kemudian dibarengi dengan suara-suara kicauan lirih,mungkin bernyanyi sambil menari kalau pada manusia hehee.

Suara burung finch yang satu ini cukup unik dan lucu,hampir sama dengan suara Burung Zebra Finch namun lebih pendek-pendek.Terdengar seperti suara balon mainan anak-anak yang biasa ditekan bunyi.Kadang terdengar seperti suara kucing "meaow" yang lirih.Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara burung owl finch
  2. Suara burung owl finch
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania
1 Komentar untuk "Suara kicau unik burung owl finch"
Back To Top